Home » » Alat standar yang ada di ruangan dokter

Alat standar yang ada di ruangan dokter


Ketika kita sedang ke ruangan dokter saat sebagai pasien atau sedang diperiksa. Kita pasti melihat beberapa alat kesehatan yang tersedia. Pasti kita penasaran tentang alat standar apa saja yang ada dan apa sajakah itu 

1. Stetoskop

Stetoskop adalah alat standar dasar yang harus dimiliki dokter, dan anda pasti sering melihat dokter yang memakai stetoskop di lehernya.

Stetoskop biasanya digunakan untuk alat medis yang digunakan untuk mendengarkan berbagai suara dari dalam tubuh, memeriksa detak jantung pasien dan diagframa pernafasan pasien. Yang lainnya digunakan untuk mengukur tekanan darah. Stetoskop sangat membantu dokter untuk mendiagnosa keluhan pasien dengan analisis yang dokter lakukan saat memeriksa dengan stetoskop.

Biasanya pada stetoskop diberi pernak-pernik tambahan seperti mainan atau boneka, khusus untuk pasien anak kecil yang biasanya sudah takut kalau ketemu dengan dokter atau kalau akan diperiksa.  

2. Tensimeter

Tensimeter digunakan untuk mengukur tekanan darah tubuh kita. Ada yang manual yaitu tensimeter air raksa ada pula yang tensimeter digital otomatis. 

Pada pemeriksaan tekanan darah akan didapat dua angka. Angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi ketika tekanan dalam arteri yang terjadi saat dipompanya darah dari jantung ke seluruh tubuh (sistolik) dan angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi, sisa tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat(diastolik). 

 Nilai Normal Pengukuran Tekanan Darah yaitu kurang lebih, sistolik < 120 mmHg dan diastolik < 80 mmHg
Pre-hipertensi sistolik 120-139 mmHg (atau) diastolik 80-89 mmHg
Stadium 1 sistolik 140-159 mmHg (atau) diastolik 90-99 mmHg
Stadium 2 Sistolik >= 160 mmHg (atau) diastolik >= 100 mmHg

Anda harus mulai berhati-hati apabila tekanan darah sudah mulai melebihi angka-angka dalam batasan-batasan tersebut di atas. Segera berkonsultasi dengan dokter untuk menurunkannya

3.Timbangan dan Pengukur Tinggi Badan

Fungsinya untuk mengukur berat badan dan tinggi badan kita. 

Metoda yang paling banyak digunakan adalah BMI (Body Mass Index), yang didapat dengan cara membagi berat badan (kg) dengan kuadrat dari tinggi badan (meter). Nilai BMI yang didapat tidak tergantung pada umur dan jenis kelamin.

Normal : IMT (kg/m2) antara 18,5 - 22,9
Overwight
• beresiko : IMT (kg/m2) 23-24,9 
• Obesitas tingkat I : IMT (kg/m2) 25,0 - 29,9 
• Obesitas tingkat II : IMT (kg/m2) >= 30,0

BMI dapat digunakan untuk menentukan seberapa besar seseorang dapat terkena resiko penyakit tertentu yang disebabkan karena berat badannya

4. Penlight 

Penlight atau senter kecil berbentuk pulpen ini digunakan dokter untuk memeriksa refleks dari pupil mata, memeriksa ada tidaknya amandel dalam tenggorokan kita, dll.







5. Thermometer

Thermometer digunakan untuk mengukur suhu tubuh kita. Suhu normal tubuh manusia 36 C - 37 C.

Ada thermometer dari air raksa, ada yang pula yang digital menggunakan teknologi infrared. 

Itulah beberapa alat kesehatan yang ada di ruangan dokter, mungkin ada beberapa tambahan peralatan yang lain yang tidak say a sebutkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner