Home » , , » Alat Periksa Di Klinik Mata

Alat Periksa Di Klinik Mata



Pernah ke Optik Mata, Balai Kesehatan Khusus Mata, Rumah Sakit Khusus Mata, atau Klinik Mata. Pasti Anda pernah bertemu dengan salah satu alat di atas. Beberapa unit instrument di atas mempunyai fungsi masing-masing yang membantu dokter atau refraksionis untuk mendiagnosis penyakit ataupun kelainan pada mata pasien.

1. Automatic Snellen Chart Proyektor
Snellen Chart Proyektor
Pemeriksaan awal pasien dilakukan penilaian tajam penglihatan pasien, menggunakan metode Kartu Snellen. Kartu Snellen adalah sebuah kartu untuk mengukur Visus (Visual Acuity). Visus menggambarkan  kemampuan  seseorang  untuk  melihat  dan  mengidentifikasi  suatu objek.  Oleh  karena  itu,  pemeriksaan  Visus  merupakan  suatu  pemeriksaan  yang  paling sering dilakukan untuk melihat fungsi penglihatan seseorang, visus juga termasuk metoda yang rutin dan standar untuk menentukan keadaan media okuler (kornea, lensa dan vitreous) dan fungsi pathway penglihatan dari retina sampai otak.

Menggunakkan Snellen Chart Proyektor ini pasien akan diberikan test untuk mengenali beberapa obyek, warna ataupun huruf dengan ukuran yang bermacam-macam pada Snellen Chart. Seperti nonton bioskop saja deh, nanti tinggal memilih slide yang diinginkan dengan remote. Bisa juga dengan program slide show yang secara otomatis akan memutar slide sesuai dengan urutan chart yang diprogram.


2. LCD Snellen Chart
LCD Snellen Chart



Fungsinya sama dengan di atas untuk pemeriksaan visus, tetapi menggunakkan media LCD. Ada juga yang lain yang menggunakkan media visual light box. Dilengkapi dengan remote control untuk pemilihan gambar yang akan ditampilkan.

3. Phoropter

Phoropter
Phoropter adalah instrumen untuk mengukur ametropias, phorias dan amplitudo akomodasi mata, yang terdiri dari berbagai lensa coba yang berbeda digunakan menilai refraksi mata selama pengujian penglihatan, sehingga diketahui kesalahan bias pasien dan menentukan resep kacamatanya.

4. Slit Lamp
Slit Lamp


Adalah instrumen yang digunakan untuk memeriksa penyakit/kelainan pada mata yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, ada yang mengartikan sama dengan mikroskop mata. Mata pasien akan diberi sumber cahaya intensitas tinggi yang difokuskan ke mata. Pemeriksaan meliputi kelopak mata, sklera, konjungtiva, iris, lensa kristal, dan kornea. Pemeriksaan slit lamp memberikan pandangan diperbesar stereoskopik dari struktur mata secara rinci, memungkinkan diagnosis secara anatomi dibuat untuk berbagai kondisi mata.


5. Autorefraktometer/Keratometer

AutoRefraktometer

Adalah instrumen yang dikendalikan komputer yang digunakan selama pemeriksaan mata untuk memberikan pengukuran yang objektif kesalahan bias seseorang dan resep untuk kacamata atau lensa kontak, mengukur kekuatan refraksi kornea secara otomatis. Hal ini dicapai dengan mengukur bagaimana cahaya berubah karena memasuki mata seseorang.

Teknik refraksi dilakukan secara cepat, sederhana dan tidak menyakitkan. Pasien mengambil kursi dan menempatkan mereka pada dagu istirahat. Satu mata pada satu waktu, mereka melihat ke dalam mesin di dalam gambar. Gambar bergerak masuk dan keluar dari fokus dan mesin akan mengambil pembacaan untuk menentukan kapan gambar pada retina. Pembacaan Data oleh instrumen diambil  rata-rata untuk membentuk resep.

6. Lensometer 

Lensometer

Adalah instrumen optik yang digunakan untuk mengukur kekuatan lensa (Dioptri), mengetahui arah base lensa prisma dan mengetahui titik fokus sebuah lensa.

Dalam perkembangannya Automatic Lensometer dapat pula dipergunakan untuk mengukur nilai kemampuan material lensa dalam menahan radiasi sinar Ultra Violet (UV).


7. Non Contact Tonometer


Pemeriksaan Non Contact Tonometer
Alat pengukur tekanan bola mata (Tekanan Intra Okuler) secara otomatis, tanpa menyentuh bola mata. Terutama digunakan untuk pengendalian penyakit glaukoma.
 

8. Automatic Perimeter


Instrumen ini digunakan untuk memeriksa lapang pandangan yang terganggu dan mengevaluasi penglihatan perifer, terutama untuk pencegahan dan pengawasan penyakit glaukoma.

9. Optical Coherence Tomography (OCT)

Adalah instrumen teknologi tinggi yang melakukan pencitraan resolusi tinggi cross-sectional. OCT mempunyai analogi yang hampir sama dengan pencitraan USG, kecuali bahwa ia menggunakan cahaya, bukan gelombang us. OCT dapat memberikan gambar penampang struktur jaringan pada skala mikron di tempat dan real time, guna menvisualisasikan perubahan yang terjadi akibat suatu penyakit pada retina mata. Alat ini tidak kontak langsung dengan bola mata sehingga dapat mengurangi efek samping yang merugikan mata.

10.  Streak Retinoscope 

Retinoscope adalah teknik untuk mendapatkan pengukuran yang objektif dari kesalahan bias mata pasien. Dokter menggunakan retinoscope untuk memberikan sinar cahaya ke mata pasien dan mengamati pantulan (refleks) dari retina pasien. Sementara memindahkan streak atau spot cahaya melewati pupil, dokter mengamati pergerakan relatif refleks kemudian menggunakan phoropter atau secara manual menempatkan lensa atas mata (menggunakan bingkai percobaan dan trial lensa) untuk "menetralkan" refleks.

11. PD Meter

PD Meter

adalah instrumen presisi optik digital yang digunakan untuk mengukur jarak antara pupil manusia dalam proses optometri untuk pas kacamata.

12. Binocular Indirect Ophthalmoscope 

Pemeriksaan BIO
  Adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi seluruh mata fundus. Tersedia untuk stereoskopik, lebar siku, resolusi tinggi dilihat dari seluruh fundus dan vitreous atasnya. Prinsip optik dan pilihan pencahayaan memungkinkan visualisasi fundus terlepas dari ametropia tinggi, media okular kabur, atau kekeruhan pusat.

Sumber fokus cahaya diarahkan ke mata pasien menghasilkan pengamatan tercermin dari retina. Gambar yang dihasilkan adalah nyata, diperbesar, terbalik kiri ke kanan, atas terbalik ke bawah dan terletak antara pemeriksa dan lensa condenser. Pengamat memandang gambar ini melalui oculars dari indirect ophthalmoscope.


Bersambung ....

2 komentar :

winssoca said...

Terima kasih, sudah berbagi pengetahuan.

Anonymous said...

Terimakasih sharing ilmunya.. sangat bermanfaat

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner