Video Otoscope


Telinga adalah salah satu indera kita yang paling penting berfungsi sebagai pendengaran. Menyenangkan bisa mendengar alunan musik dari mp3 player yang kita punya, mendengar suara si doi dari telepon ataupun mendengar ringtone weker jam saat kita bangun pagi.

Nah, tahukah Anda untuk mengetahui apakah terjadi infeksi telinga atau tidak, biasanya dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan)  akan melihat ke dalam telinga menggunakan alat yang disebut dengan otoscope. Melalui otoscope dokter akan dapat melihat kondisi telinga mulai dari saluran telinga (ear canal) sampai dengan gendang telinga (ear drum), yaitu lapisan tipis antara telinga bagian luar & telinga bagian dalam serta menghembuskan udara untuk melihat apakah gendang telinga tersebut dapat tertiup dengan normal. Karena apabila terjadi infeksi telinga maka gendang telinga tidak dapat tertiup karena ditekan oleh nanah di sisi sebelah dalamnya.

Kebanyakan kasus infeksi telinga sampai bernanah (otitis media) terjadi pada anak usia di bawah 2 tahun. Dimana pada usia tersebut organ telinga sangat rentan, ada yang biasanya sembuh dengan sendirinya tetapi ada juga yang dalam jangka panjang yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.

Video Otoscope


Kasus yang lain disebabkan karena gendang telinga pecah, kebanyakan karena perubahan tekanan drastis pada gendang telinga, pada penyelam laut dalam, pilot penerbang, dan pekerja tambang. Tetapi yang jelas sakit telinga yang sering dirasakan adalah tanda sebuah infeksi pada telinga yang membutuhkan penanganan.  

Telinga sebenarnya tidak memerlukan hal yang khusus dalam perawatannya. Perawatan bagian telinga cukup dengan cara dibersihkan dengan sabun saat mandi atau dengan cara dibasuh dengan handuk mandi.


Meskipun terdengar menjijikkan, kotoran telinga atau cerumen berfungsi untuk membentuk lapisan lilin yang melindungi telinga. Kemudian setelah di buat, cerumen akan maju menuju saluran telinga luar sehingga dapat ikut tersapu saat dibersihkan waktu mandi. Tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga dengan cara didorong menggunakan suatu benda seperti cotton buds sekalipun, karena kotoran dapat masuk semakin ke dalam & terkumpul disana. Penggunaan cotton buds yang terlalu keras juga dapat mengiritasi bagian saluran telinga luar. Apabila ingin membersihkan kotoran telinga dapat menggunakan cairan khusus yang berfungsi untuk melunakkan kotoran tersebut sehingga dapat keluar dengan sendirinya. Ada juga pembersihan telinga dengan metode alternatif ear candle (ear coning) yang diklaim bisa membersihkan cerumen pada telinga, sangat beresiko bila tetesan lilin terkena ke bagian gendang telinga. Disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis THT untuk masalah cerumen (kotoran telinga), biasanya disarankan untuk ear wash dan ear suction.



Portable LCD Otoscope

Sudah juga tersedia Portable Video Otoscope, sehingga gambar ataupun video pada telinga dapat memungkinkan pasien dapat melihat rekaman gambar atau video dari pemeriksaan otoscope, ndak dokter saja yang lihat. Data tersebut dapat kita dokumentasikan sebagai medical record kita. Apabila terdapat polip, infeksi ataupun kotoran yang menyumbat maka bisa dilakukan tindakan selanjutnya untuk lebih lanjut.

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner