Home » » Tingkatkan Kemampuan Tenaga Elektromedis

Tingkatkan Kemampuan Tenaga Elektromedis



KOTA BATU – Kompetensi tenaga elektromedis untuk mengoperasikan peralatan terus ditingkatkan. Seperti yang digelar Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Elektromedis Indonesia (Ikatemi) Kota Batu di gedung Graha Pancasila, kemarin (8/4).

Organisasi ini menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga elektromedis dalam menjalankan fungsinya sebagai bagian dari petugas kesehatan. Khususnya, pada pemeliharaan, perbaikan, serta perencanaan alat-alat kesehatan.

”Mudah-mudahan, melalui pelatihan itu, para tenaga elektromedis bisa semakin meningkatkan kompetensi di bidang yang didalami,” kata Ketua Pelaksana Pelatihan Aulia Hapsari Ayu Normaningtyas di sela-sela kegiatan pelatihan, kemarin.

Aulia menjelaskan, profesi elektromedis yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat umum ini, memiliki peranan yang sangat vital dalam menentukan diagnosis dokter maupun ahli kesehatan. Diagnosis tersebut untuk menentukan langkah penanganan pasien selanjutnya. ”Itulah sebabnya kami laksanakan pelatihan, supaya dalam praktiknya nanti hasil pencatatan mesin akurat dan benar-benar sesuai dengan kondisi pasien,” terang dia.

Ketepatan hasil catatan alat kesehatan sangat besar perannya dalam proses penanganan gangguan kesehatan. Sebab, dari alat-alat tersebut, dokter akan memutuskan diagnosis penyakit serta penanganan yang akan dilakukan.

Pelatihan itu tidak hanya diikuti anggota Ikatemi Malang Raya, melainkan juga tenaga elektromedis dari luar kota, bahkan ada beberapa dari luar Jawa.

Dalam pelatihan tersebut, peserta tidak hanya mendapat materi yang disampaikan oleh tenaga ahli, tapi juga berkesempatan praktik mengoperasikan peralatan kesehatan. Di antaranya praktik mengoperasikan tiga alat yaitu electrocardiography (ECG), tensimeter, dan infantwarmer + resuscitator.

ECG merupakan alat untuk mengukur ritme detak jantung. Sementara, tensimeter merupakan alat untuk menguji tekanan darah dan infantwarmer guna meletakkan bayi yang baru lahir. ”Ketiganya adalah alat yang paling sering digunakan dalam proses penanganan kasus medis,” beber dia.

Aulia yang menjabat sebagai sekretaris DPC Ikatemi Kota Batu itu menambahkan, tugas teknisi elektromedis sama pentingnya dengan dokter dan perawat. ”Kalau ada peralatan yang rusak, kewajiban kami untuk memperbaiki. Perbaikan alat medis ini tidak boleh dilakukan oleh teknisi biasa, melainkan harus dilakukan oleh petugas yang berkompeten,” tutup dia.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Ahmad Yahya
Foto: Rubianto

Sumber : http://www.radarmalang.id/tingkatkan-kemampuan-tenaga-elektromedis/

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner