Home » » RS Jayapura Jadi Rujukan di Indonesia Timur, Pusat Gelontorkan 350 M

RS Jayapura Jadi Rujukan di Indonesia Timur, Pusat Gelontorkan 350 M


 
UGD di Rumah Sakit Dok II Jayapura. (Foto: KBR/ Katarina Lita)

KBR, Jayapura – Pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp350 miliar tahun ini untuk mengembangkan Rumah Sakit Dok II Jayapura. Nantinya rumah sakit tersebut menjadi rujukan bagi layanan kesehatan di Indonesia bagian Timur.

Direktur Rumah Sakit Dok II Jayapura, Joseph Rinta menuturkan, anggaran itu bukan saja digunakan untuk pembangunan fisik melainkan juga pembelian alat kesehatan. Ini karena hampir seluruh alat kesehatan di rumah sakit milik pemerintah tersebut, rusak.

"Gedung rawat jalan 6 lantai. Ditambah dengan ruang perawatan jantung. Terus berikutnya lagi pengembangan ruangan rawat inap. Jadi 3 tahun itu selesai," kata Joseph Rinta di Jayapura, Minggu (2/4/2017).

Joseph Rinta pun berharap, dengan perbaikan fasilitas tersebut, RS Dok II Jayapura mampu menjadi rumah sakit terbaik di Indonesia Timur.

"MRI (Magnetic Resonance Imaging) saya perbaiki, kalau dana APBN-P turun, kita bisa CT scan, ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), bisa mamografi. Kita membangun rumah sakit benar-benar kepentingan masyarakat," tukasnya.

Selain itu untuk meningkatkan pelayanan tenaga medis, sejumlah negara seperti Amerika dan Australia menawarkan pembelajaran jarak jauh bagi para dokter yang bertugas di RS Dok II Jayapura. Sambungan layanan kesehatan antar-negara akan dilakukan secara langsung dengan web camera bagi 50 dokter spesialis yang bertugas di rumah sakit ini.

Editor: Nurika Manan

Sumber : http://kbr.id/berita/04-2017/rs_jayapura_jadi_rujukan_di_indonesia_timur__pusat_gelontorkan_350_m/89545.html 

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner