Home » » Hearth Lung Machine

Hearth Lung Machine









Hearth Lung Machine (Mesin Jantung Paru-paru ) adalah sebuah mesin yang melakukan pekerjaan baik dari jantung (pompa darah) dan paru-paru (oksigenat darah). Digunakan, misalnya, dalam operasi jantung terbuka. Darah kembali ke jantung dialihkan melalui mesin sebelum kembali ke sirkulasi arteri. John H. Gibson menemukan mesin jantung-paru yang pertama kali berhasil digunakan dalam operasi jantung terbuka pada tahun 1953. Juga disebut pompa-oxygenator.

 Jenis Operasi Bedah Bypass

Tradisional Bypass Surgery/Coronary Artery Bypass Graft (CABG).
Operasi bypass jantung merupakan salah satu penanganan operatif pada Penyakit Jantung Koroner  yaitu penyakit penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah nadi (arteri) koroner jantung, dengan cara revaskularisasi (membuat saluran baru) melewati arteri koroner yang mengalami penyempitan atau penyumbatan sehingga terdapat aliran darah baru yang membawa oksigen dan nutrien lain ke otot jantung. Saluran baru yang dibuat dapat berasal dari arteri (pembuluh darah nadi) atau vena (pembuluh darah balik) yang sehat dari tubuh bagian lain, yang nantinya dicangkokkan/dihubungkan ke arteri koroner yang menyempit atau tersumbat.

Operasi bypass tradisional melibatkan penggunaan  Hearth Lung Machine (HLM). Dalam prosedur ini, jantung dihentikan dengan larutan khusus yang tinggi kalium dan mesin jantung-paru Hearth Lung Machine (HLM) mengambil alih kerja jantung dan paru-paru. Dokter bedah melakukan prosedur bypass pada jantung yang ditangkap. Sebuah jantung yang ditangkap memungkinkan ahli bedah untuk melakukan manuver yang sangat tepat yang diperlukan untuk menggabungkan dengan pembuluh darah saluran dan arteri koroner. Jenis operasi bypass telah digunakan selama bertahun-tahun dengan hasil yang sangat baik

Off-pompa koroner Bypass (OPCAB)
Hal ini juga kadang-kadang disebut mengalahkan operasi jantung. Bypass off-pompa koroner dilakukan tanpa menggunakan Hearth Lung Machine (HLM). Perangkat khusus membantu untuk menstabilkan jantung selama operasi. Pada jaman sekarang, operasi bypass jantung dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin jantung-paru, sehingga jantung masih tetap berdetak. Metode ini dikenal dengan Off-Pump Coronary Artery Bypass Grafting atau Beating Heart Bypass Grafting. Beberapa studi menunjukkan bahwa prosedur ini memiliki sedikit kesempatan untuk komplikasi ginjal dan perdarahan pasca operasi, dan dapat berakibat pada tinggal di rumah sakit lebih pendek dan pemulihan lebih cepat.

Bedah Invasif Minimal Bypass
Minimally Invasive Direct Coronary Artery Bypass Grafting. Metode ini hanya memotong sedikit bagian dada pasien (menginvasi secara minimal) dan biasanya digunakan bila pembuluh darah yang tersumbat itu berada di depan jantung dan tempat sumbatan hanya berada pada satu arteri koroner. Karena masih baru, maka prosedur ini masih sedikit dipraktikkan. Prosedur ini dapat dilakukan tanpa menghentikan jantung. Beberapa pasien dapat meninggalkan rumah sakit dalam waktu 48 jam. Operasi ini hanya digunakan untuk pasien yang penyumbatan dapat dilewati melalui sayatan kecil dan yang risiko komplikasi rendah.

Reference http://en.wikipedia.org/wiki/Cardiopulmonary_bypass

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner