Home » » Punya Peran Strategis, Rumah Sakit PTN Dukung Pelayanan Kesehatan

Punya Peran Strategis, Rumah Sakit PTN Dukung Pelayanan Kesehatan




JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus negeri yang akan mengoperasikan rumah sakit perguruan tinggi negeri (RSPTN) mulai awal 2018. Menurut Kepala Bappenas, Bambang PS Brojonegoro, RSPTN memiliki peran strategis dalam mendukung pelayanan kesehatan yang berkualitas di Tanah Air.

"RSPTN punya tantangan membentuk kurikulum untuk mewujudkan kemajuan teknologi kesehatan, mencukupi tenaga kesehatan, serta tantangan transisi epidemiologi dan demografi," ujarnya dikutip dalam siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (21/4/2017).

Dia mengungkapkan bahwa mahasiswa, khususnya dari pendidikan kedokteran harus punya kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan. Artinya, RSPTN perlu mendukung pendidikan inklusif.

"Kemudian mampu menghasilkan penelitian dan riset yang valid dan berkualitas, terutama penelitian keanekaragaman hayati Indonesia," terangnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek menyebut, saat ini pemerintah tengah merancang Universal Health Coverage, yaitu cakupan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada seluruh penduduk tanpa adanya hambatan finansial.

"RSUI diharapkan dapat menjadi pelopor pengembangan RS pelayanan primer," ucapnya.
Untuk mencapai hal tersebut, lanjut dia, perlu ada kolaborasi antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). "Sehingga dapat tercipta harmonisasi antara pelayanan kesehatan dan pendidikan," simpulnya. (sus)

Referensi : http://news.okezone.com/read/2017/04/21/65/1673431/punya-peran-strategis-rumah-sakit-ptn-dukung-pelayanan-kesehatan

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner