Home » , » Cuplikan Perkembangan Teknologi Kedokteran Saat Ini Sampai 2017

Cuplikan Perkembangan Teknologi Kedokteran Saat Ini Sampai 2017

Intermezo Para Pembaca Sekalian



Sebelumnya admin melihat tentang film Bioskop dengan judul Passengers (2016), dimana Film Passengers ini mengisahkan tentang perjalanan sebuah kapal luar angkasa bernama Avalon ke sebuah planet baru, Homestead II Colony, planet ke 4 dalam jajaran tatasurya Bimasakti. Kapal tersebut mengangkut 5.259 orang penumpang yang “tertidur” di dalam ruang hibernasi. 

Selama diperjalanan terjadi sebuah kerusakan di dua tempat hibernasi (kapsul waktu), akibatnya Jim Preston (Chris Pratt) seorang Mechanical Engineer dan Aurora Dunn (Jennifer Lawrence) seorang Penulis harus terbangun lebih awal atau 90 tahun sebelum perjalanannya selesai. Hingga mereka menyadari bahwa hanya merekalah yang dapat memperbaiki kerusakan pada pesawat tersebut yang bisa membahayakan seluruh penumpang didalamnya. 

Kerusakan tersebut diakibatkan adanya tabrakan meteor ke pesawat Avalon yang menyebabkan Hibernation Failure, kerusakan kapsul hibernasi. Hingga suatu waktu Kapsul Kepala Deck Mancuso juga ikut rusak sehingga dia juga ikut terbangun dan juga mencari penyebab dan solusi kerusakan agar pesawat Avalon bisa diperbaiki dan sampai di Homestead II dengan selamat.  Tetapi karena kondisi kesehatan Mancuso yang parah dan masih lamanya waktu untuk sampai ke tujuan Homestead II maka Mancuso meninggal terlebih dahulu. 












Mancuso juga sempat diperiksa dan discan di Autodocs, sebuah perangkat canggih yang bisa memindai penyakit manusia dan menyembuhkannya dengan ilmu kedokteran. Di Autodocs, Jim Preston juga berhasil disembuhkan karena mengalami kecelakaan saat memperbaiki mesin pesawat Avalon. Pada kapsul Autodocs ini juga Aurora Lane berhasil selamat kembali tidur mati suri sampai tujuan akhir pesawat Avalon ke Homestead II Colony.

Itulah intermezo singkat Tentang Fim Passengers yang menceritakan juga tentang Autodocs salah satu kecanggihan dunia kedokteran di pesawat antariksa Avalon peradaban tahun milenium ke depan, dimana sekarang ini  dunia kedokteran juga secara pasti mengalami perkembangan pesat teknologi dari tahun ke tahun.


Nah bagaimana perkembangan teknologi yang sudah terjadi saat ini, mari kita tonton langsung di bawah ini :

1. IBM Watson: Akankah Dokter Anda menjadi sebuah robot ?


2. Ciptaan terbaru dari Bedford Mass, perusahaan iRobot adalah dokter 5 kaki, 4 inchi, dikendalikan jarak jauh, dengan roda yang diberi nama "RP-VITA."


3. Surgical Sam adalah manekin menyerupai manusia yang melatih dokter di Rumah Sakit Anak Boston.


4. Ahli bedah ortopedi dari Akron Children's Hospital dan penyedia layanan kesehatan lainnya membimbing peserta melalui kursus dua hari ini yang menampilkan kesempatan untuk melakukan 11 prosedur bedah ortopedi yang paling umum pada mayat atau tulang sintetis. Kursus ini diselenggarakan di Austen Simulation Centre untuk Safety and Reliability di pusat kota Akron.



5. Dokter robot di Saskatchewan membantu pasien yang harus menempuh jarak jauh untuk perawatan. Klik disini untuk cerita lengkapnya : http://www.cbc.ca/news/canada/saskatc...


6. Northern Ireland Health Trust adalah yang pertama di Inggris yang menggunakan robot yang memungkinkan spesialis perawatan intensif dari satu rumah sakit untuk menilai pasien di tempat lain dengan jarak jauh


7. Rumah sakit di daerah Seattle adalah yang pertama di negara ini yang menggunakan komputer yang berfungsi sebagai ahli anestesi.



8. Katakanlah Anda harus menjalani prosedur pembedahan yang berbahaya. Mana yang akan kamu pilih? Ahli bedah manusia terbaik yang hidup saat ini, atau ahli bedah robot terbaik dari 50 tahun di masa depan?


The da Vinci Robotic Surgical System menempatkan alat canggih di tangan ahli bedah.

"Kelebihan da Vinci adalah salah satunya minimal invasif, Anda hanya membuat lubang kecil di perut. Dua Anda tidak benar-benar kehilangan banyak darah. Dan tiga kita bisa melihat jauh lebih baik sehingga kita bisa Untuk menangani jaringan jauh lebih hati-hati, "kata Urologis Dr. Paul Bretton.
9. Lee Memorial Health System menawarkan sistem da Vinci untuk berbagai spesialisasi bedah.



10. Seorang pria Colorado membuat sejarah di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins  pada musim panas ini saat dia menjadi orang yang diamputasi tingkat bahu bilateral pertama yang dipakai dan sekaligus mengendalikan dua dari Prostetik Tungkai Modular Bionik. Yang terpenting, Les Baugh, yang kehilangan kedua lengannya dalam kecelakaan listrik 40 tahun yang lalu, mampu mengoperasikan sistem tersebut dengan hanya berpikir untuk memindahkan anggota tubuhnya, melakukan berbagai tugas selama masa pelatihan singkat.



11. Bionic Eye, sekarang buta bisa melihat dengan bantuan mata bionik.  Ramy Inocencio dari Bloomberg bertemu dengan satu orang yang didiagnosis menderita retinitis pigmentosa, bentuk pembusukan mata yang tidak dapat disembuhkan, yang melihat wajah istrinya, ombak dan kembang api di laut untuk pertama kalinya.





Dan masih banyak lagi ........

Demikian cuplikan Perkembangan Teknologi Kedokteran saat ini, semoga bermanfaat dan diharapkan juga bermanfaat bagi kita umat manusia di bumi ini.

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner