Home » , » RS Tipe D Beroperasi Hari Senin - Jakarta

RS Tipe D Beroperasi Hari Senin - Jakarta

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah puskesmas di Jakarta dinaikkan statusnya menjadi rumah sakit tipe D. Rumah sakit tersebut akan mulai beroperasi penuh hari Senin (6/4). Rumah sakit tersebut berada di Pademangan, Ciracas, Kramatjati, Pesanggrahan, Mampang Prapatan, Tebet, Jagakarsa, Kalideres, Kembangan, Cilincing, Koja, Kemayoran, Johar Baru, Sawah Besar, dan Cempaka Putih.


Mardho Tilla Petugas keamanan di Rumah Sakit Umum Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, memasang spanduk rumah sakit, Sabtu (4/4). Sampai hari ini , RSU Kecamatan Tebet masih melayani pasien sebagai puskesmas dan akan resmi beroperasi sebagai rumah sakit hari Senin (6/4).


Rumah sakit tipe D di bilangan Jakarta Selatan masih dalam masa transisi dan baru beroperasi mulai Senin depan. Rumah Sakit Pademangan, Jakarta Utara, juga baru beroperasi hari Senin (6/4). Sampai hari Sabtu (4/4), pasien masih dilayani layaknya pasien di puskesmas.

"Direktur dan staf resmi bertugas mulai Senin," ujar Koordinator Keamanan RSU Kecamatan Tebet Aris Supardi, Sabtu. Spanduk perubahan status sudah dipasang di depan pintu gerbang rumah sakit. Pasien yang membutuhkan layanan puskesmas dialihkan ke Puskesmas Kelurahan Tebet Timur, Jalan Tebet Timur II RT 006 RW 005, Tebet Timur.

Pelayanan di RSU Kecamatan Tebet di antaranya unit gawat darurat (UGD) 24 jam, poli umum, poli gigi, poli PTM/lansia/haji, poli paru, poli MTBS/balita, poli kesehatan ibu, poli KB, poli IMS/Kulit, poli gizi/sayang ibu, poli imunisasi, laboratorium, tes narkoba, EKG, IBA Test, dan poli methadone.
Berdasarkan pantauan Kompas, pasien masih berdatangan ke RSU Kecamatan Tebet hingga siang. Gedung lima lantai itu tetap sibuk dengan kegiatan bersalin dan melayani pasien.

Seorang pasien, Memeh (65), mengaku tidak tahu dengan perubahan status puskesmas yang menjadi rumah sakit. Dia datang bersama putri dan cucunya karena keluhan batuk berdahak yang dideritanya.
"Dari dulu saya sudah berobat di sini. Soalnya dekat dari rumah," katanya. Namun, Memeh mengeluhkan tidak adanya fasilitas rontgen setelah gedung tersebut diperbaiki. "Kalau mau rontgen, saya harus ke Jatinegara dulu," ujarnya.

Hal serupa terlihat di RSU Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Suasana gedung enam lantai itu tampak sepi karena rumah sakit belum beroperasi.
"Pasien sudah dialihkan ke puskesmas di kecamatan masing-masing," ujar apoteker RSU, Tesa.
Dia menambahkan, fasilitas RSU yang berjalan selama masa transisi baru UGD. Fasilitas lain masih sedang disiapkan. Hal itu terlihat dari beberapa petugas kebersihan yang sedang membersihkan kaca jendela RSU.

Masyarakat yang telanjur datang berobat tetap dilayani, seperti Lilis (34). Ia membawa putra kelimanya berobat dengan berjalan kaki dari rumahnya di kawasan Pancoran Barat. "Soalnya deket, anak saya dari yang pertama dilahirkan di sini," katanya.
"Kalau berubah jadi rumah sakit ya bagus, enggak perlu ongkosan lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat telah meresmikan 15 rumah sakit tipe D, tetapi rumah sakit yang semula berstatus puskesmas kecamatan tersebut belum sepenuhnya beroperasi.

"Operasi RS akan dimulai Senin. Saat ini RS masih berfungsi sebagai puskesmas," ujar Arif, petugas administrasi di RS Pademangan.

Cucun, bidan Puskesmas Kecamatan Pademangan, mengatakan, hanya terdapat tujuh tempat tidur persalinan di lokasi tersebut. "Saat ini cuma ada tujuh tempat bersalin tanpa kelas. Saya tidak tahu apakah setelah dioperasikan sebagai rumah sakit akan bertambah," ujarnya.
Di lokasi tersebut hanya terlihat pegawai puskesmas yang terdiri dari dokter UGD, bidan, petugas administratif, dan petugas keamanan. Sementara itu, tak ada satu pegawai rumah sakit pun yang terlihat.

Kehadiran rumah sakit tipe D di wilayah Pademangan mendapat apresiasi dari warga sekitar. "Sudah lama warga menginginkan rumah sakit di wilayah ini sehingga layanan kesehatan lebih terjamin," ujar Yani (33).

Warga sekitar diharapkan bisa memanfaatkan RS tipe D ini semaksimal mungkin agar beban rumah sakit umum pusat atau rumah sakit besar terkurangi.

Sumber :
http://print.kompas.com/baca/regional/metropolitan/2015/04/04/RS-Tipe-D-Beroperasi-Hari-Senin

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner