Home » , » Pasien Rujuk, Alat Rontgen dan Scaning RSUD Langsa Rusak

Pasien Rujuk, Alat Rontgen dan Scaning RSUD Langsa Rusak




Wartakesehatan.com - Rusaknya beberapa alat kesehatan penting di Rumah Sakit Umum (RSUD) Langsa, belum ada penanggulangan serius dari pihak RS maupun pemerintah. Hal ini membuat  sebagian pasien yang harus discaning harus dirujuk ke RS di Medan, dan pasien rontgen harus di bawa ke RS Cut Meutia Langsa. Setelah dikonfirmasi ternyata ada dua alat medis yang rusak yaitu Rontgen dan Scaning.

Sementara menurut pihak manajemen RSUD itu, dua alat medis tersebut memang sudah tidak layak pakai lagi karena usianya hampir mencapai 15 tahun, sehingga sering macet. Namun, kedua alat medis tersebut akan diganti baru tahun ini menggunakan dana APBN.
Informasi diperoleh Serambi, scaning itu sudah rusak sejak memasuki bulan puasa lalu dan hingga kemarin belum bisa diperbaiki. Selama ini pasien yang harus discaning baik kepala dan bagian tubuh lainnya, terpaksa dirujuk ke RS Adam Malik Medan.

Setelah discaning di Medan, barulah pasien itu dibawa kembali ke RSUD Langsa. Sehingga hal itu membutuhkan waktu lama dan biaya besar. Belum lagi lelahnya perjalanan harus ditempuh pasien untuk pulang pergi Medan-Langsa.

Kemudian alat medis rontgen juga mengalami kerusakan sejumlah programnya, yaitu sekarang hanya bisa dugunakan untuk merontgen dada dan bagian kaki pasien. Sedangkan untuk melakukan foto (rontgen) seperti perut, tulang belakang, kepala tidak bisa dioperasikan.

Direktur RSUD Langsa, Dr Herman ketika dikonfirmasi via telepon kepada Serambi Selasa (4/8) membenarkan alat rontgen dan scaning saat ini telah rusak. Sehingga sebagian pasien terkadang harus dirujuk ke rumah sakit lain untuk discaning maupun dirontgen.

Menurutnya, wajar jika kedua alat medis ini sering rusak karena usia alat medis scaning dan rontgen tersebut hampir mencapai 15 tahun. Usia itu tentunya sudah tidak layak lagi dipertahankan. Katanya, tahun ini kedua alat medis tersebut akan diganti baru yang dananya dari APBN. “Namun alat medis yang ada sekarang itu tetap akan diperbaiki untuk sementara digunakan sebelum datang yang baru,”ujar Herman.

wartakesehatan.com/52367/pasien-rujuk-alat-rontgen-dan-scaning-rsud-langsa-rusak

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner