Home » , » Beberapa Alat Kesehatan RSUP Sanglah Rusak, Ini Prioritas yang Diganti

Beberapa Alat Kesehatan RSUP Sanglah Rusak, Ini Prioritas yang Diganti



TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -Terkait dengan informasi adanya beberapa alat kesehatan di RSUP Sanglah yang mengalami kerusakan, pihak RSUP Sanglah mengaku masih melakukan pendataan terhadap semua alkes yang rusak tersebut.

"Semua alat yang rusak kita data dulu, kita lihat urgent atau tidak. Jika tidak urgent,  kita akan memprioritaskan alkes untuk program unggulan kita terlebih dahulu," ujar dr. I Nengah Kuning Atmadjaya, Sp.B (K) Trauma, KKL, FINACS., Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, Denpasar, Bali, Kamis (28/5/2015)

Diketahui sebelumnya, terdapat beberapa alkes di RSUP Sanglah yang mengalami kerusakan seperti beberapa alkes di pelayanan THT, beberapa alat ventilator di IRD dan alat pemecah batu ginjal di Wing Amerta yang juga sebelumnya dikabarkan rusak.

"Saat ini sudah tersedia 18 ventilator yang akan digunakan di IRD. Selain itu, ESWL atau alat pemecah batu ginjal juga sudah kita ganti dengan seri yang terbaru. Sehingga, total alat kesehatan yang telah dipenuhi RSUP Sanglah untuk menunjang pelayanan kesehatan sekitar 85 persen. Dengan total peralatan seperti itu, setidaknya kami sudah bisa maksimal dalam menangani pasien,” ujarnya sembari tersenyum.

Pihaknya menjelaskan, RSUP Sanglah sebagai Rumah Sakit tersier dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan akan memprioritaskan terlebih dahulu alat-alat kesehatan yang digunakan pada program-program unggulan terlebih dahulu seperti Cancer Centre, Pelayanan Jantung Terpadu (PJT), dan RTI.

"Alat kesehatan  tersebut yang kita Prioritaskan terlebih dahulu, terutama adalah jantung. Alat kesehatan jantung kita sudah terpenuhi 91 persen dari target," katanya.

Menurutnya, RSUP Sanglah sebagai rumah sakit tersier memang seharusnya mulai mengembangkan program kesehatan seperti cangkok jantung, cangkok ginjal, cangkok hepar,dan cancer centre.

Sedangkan, pelayanan yang lain dapat dilakukan di Rumah Sakit daerah.

"Sistem kesehatan permenkes sekarang telah mengatur pelayanan medis dengan menggabungkan beberapa tenaga spesialis untuk fokus menangani satu masalah kesehatan saja, misalnya khusus menangani masalah ginjal saja," jelasnya (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali   



http://bali.tribunnews.com/2015/05/28/beberapa-alat-kesehatan-rsup-sanglah-rusak-ini-prioritas-yang-diganti

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner