Home » , , » CARDIOTOGRAPH (CTG) untuk Pemeriksaan Kesehatan Janin

CARDIOTOGRAPH (CTG) untuk Pemeriksaan Kesehatan Janin




Salah satu alat yang digunakan untuk tes kesejahteraan janin dan pemeriksaan pertumbuhan janin adalah CTG. Cardiotograph / CTG berasal dari kata detak jantung janin (cardio-) kontraksi uterus (-Toco-) selama kehamilan yang dilakukan perekaman (-graphy). Cardiotocography (CTG) mengukur detak jantung bayi Anda. Pada saat yang sama juga memonitor kontraksi dalam rahim (uterus). 

CTG digunakan baik sebelum kelahiran (antenatal) dan selama persalinan, untuk memantau apakah bayi berada dalam tanda-tanda tertekan 'fetal distress', maka dari itu sering pemeriksaan CTG disebut pemeriksaan NST (Fetal Non-Stress Test ). Tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengukur denyut jantung janin dalam menanggapi gerakan sendiri. bayi yang sehat akan merespon dengan peningkatan denyut jantung selama masa gerakan, dan denyut jantung akan berkurang saat istirahat. Konsep di balik tes non-stres adalah bahwa oksigen yang cukup diperlukan untuk aktivitas janin dan denyut jantung berada dalam rentang normal.


NST Test



Ketika kadar oksigen rendah, janin mungkin tidak merespon secara normal. kadar oksigen yang rendah sering dapat disebabkan oleh masalah dengan plasenta atau tali pusat. Hasil non-stres reaktif menunjukkan bahwa aliran darah (dan oksigen) ke janin memadai. Hasil non-stres reaktif membutuhkan pengujian tambahan untuk menentukan apakah hasilnya benar-benar karena oksigenasi miskin, atau apakah ada alasan lain untuk janin non-reaktivitas

Dokter akan sangat menyarankan pemeriksaan CTG pada ibu hamil yang mempunyai riwayat sbb :
  • Perkiraan kehamilan anak kembar
  • Keadaan dan umur kehamilan
  • Komplikasi kehamilan: darah tinggi, kencing manis (diabetes), hipertensi, hipo atau hiper tiroid, dan penyakit infeksi kronis.
  • Kehamilan dengan berat badan janin rendah (Intra Uterine Growth Restriction) atau Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT).
  • Air ketuban sedikit (oligohidramnion).
  • Air ketuban berlebih (polihidramnion)
  • Penyakit maternal lain atau posmatur
Pemeriksaan CTG dilakukan pada trimester ketiga (setelah 36 minggu) kehamilan. Pada keadaan tertentu, dokter mencoba untuk memperkirakan apakah janin memiliki resiko tinggi mengalami kemungkinan kerusakan akibat hipoksia atau kematian, sehingga bisa dilakukan tindakan lanjutan untuk dilakukan kelahiran secara normal, kelahiran menggunakan tang cop atau melalui operasi caesar.




Apa yang terjadi selama pemeriksaan CTG ?
CTG ini paling sering dilakukan secara eksternal. Ini berarti bahwa peralatan yang digunakan untuk memonitor jantung bayi ditempatkan pada perut (abdomen) dari ibu. Sabuk elastis ditempatkan di sekitar perut ibu. Ini memiliki dua piring tranducer bulat seukuran bola tenis yang melakukan kontak dengan kulit. Salah satu piring tranducer ini mengukur detak jantung bayi. Yang lain menilai tekanan pada perut, dan dengan cara ini mampu menunjukkan kapan setiap kontraksi terjadi dan perkiraan seberapa kuat itu. Bidan dapat menaruh beberapa jelly pada kulit untuk membantu mendapatkan sinyal yang kuat.
CTG tranducer akan terhubung ke mesin yang menafsirkan sinyal yang datang. Denyut jantung bayi bisa didengar seperti pukulan atau denyut suara dari yang mesin hasilkan.
Dokter akan meminta Anda untuk membuat gerakan-gerakan atau berganti posisi tidur sehingga bayi Anda bangun atau bereaksi.
Setelah melakukan langkah-langkah ini, jika bayi Anda tidak merespons, maka pengujian dapat dilakukan setelah satu jam atau lebih.  Jika lagi hasilnya tidak responsif, maka disarankan pemindaian USG selanjutnya oleh dokter.
Mesin CTG ini juga menampilkan printout cetakan yang menunjukkan detak jantung bayi selama jangka waktu tertentu. Hal ini juga menunjukkan bagaimana perubahan detak jantung dengan kontraksi.
Jika Anda melakukan pemeriksaan CTG sebelum Anda melahirkan Anda mungkin akan diminta untuk menekan tombol pada mesin setiap kali bayi bergerak. Pada saat ini Anda tidak akan mengalami kontraksi apapun sehingga CTG hanya akan memonitor detak jantung bayi.


Bagaimana CTG bekerja  ?
CTG menggunakan gelombang suara yang disebut ultrasound untuk mendeteksi detak jantung bayi. Ultrasound adalah gelombang suara dengan frekuensi tinggi,  Anda tidak dapat mendengar, tetapi dapat dikirim keluar (dipancarkan) dan terdeteksi oleh receiver pada mesin-mesin khusus.
Gelombang ultrasound menembus secara bebas melalui jaringan cairan dan lembut. Namun gelombang ultrasound memantul kembali sebagai 'gema'  ketika pantulan lebih solid (padat) dari permukaan. Misalnya, gelombang ultrasound akan melakukan perjalanan bebas melalui darah dalam bilik jantung. Tapi, ketika memantul pada katup padat, banyak ultrasound melakukan gema kembali. Contoh lain adalah ketika 
gelombang ultrasound USG pada empedu di kandung empedu itu akan bergema kembali kuat jika mengenai pada batu empedu yang solid.
Jadi, sebagai struktur yang berbeda 
yang tidak bisa ditembus gelombang ultrasound USG 'hits' di dalam tubuh, karena  kepadatan yang berbeda, ia akan mengirimkan kembali gema dari berbagai kekuatan.
Dalam pemantauan CTG, khusus jenis
gelombang ultrasound USG, yang disebut Doppler digunakan. Jenis gelombang ultrasound USG digunakan untuk mengukur struktur yang bergerak, sehingga berguna untuk memantau detak jantung.

Rekaman simultan dilakukan oleh dua transduser terpisah yang memancarkan gelombang ultrasound, tranducer US dan TOCO, tranducer US berfungsi untuk pengukuran denyut jantung janin dan tranducer tocodynamometer TOCO untuk kontraksi rahim, dengan mengukur ketegangan dinding perut ibu – ukuran tidak langsung dari tekanan intrauterin, yang kemudian direkam selama kurang lebih 20 - 30 menit, ditampilkan pada kertas  printer thermal.

Apakah ada efek samping atau komplikasi dari cardiotocography? 
CTG tidak menggunakan radiasi apapun; itu dianggap sebagai tes yang sangat aman 

Gambaran Print Output Pemeriksaan CTG
Keterangan :
A: Detak Jantung Janin; DJJ
B: Indikator yang menunjukkan gerakan dirasakan oleh ibu (yang disebabkan oleh menekan tombol); C: Gerakan janin;  
D: Kontraksi uterus

Frekuensi  DJJ (Detak Jantung Janin) basal (baseline frequency) yang normal adalah antara  110 and 160 denyut per menit (DPM) atau rata-rata 140 denyut per menit (BPM)
Kenaikan frekuensi DJJ diatas nilai dasar sebanyak 15 kali dalam waktu 1 menit ( bpm ) dan berlangsung sekurang kurangnya selama 15 detik normal terlihat pada janin sehat setelah terjadinya gerakan janin ( akselerasi ).  Akselerasi terjadi akibat respons simpatis yang merupakan keadaan fisiologis yang baik (reaktif). Dapat terjadi akibat pergerakan janin atau akibat adanya his. Dalam rekaman 20 menit, dinyatakan normal bila terdapat akselerasi 2 kali atau lebih. Bila tidak ditemui adanya akselerasi mengindikasikan adanya hipoksia janin.

Penurunan/ deselerasi adalah  frekuensi DJJ sementara sebesar 15 dpm atau lebih di bawah frekuensi DJJ basal, yang berlangsung selama 15 detik atau lebih. Deselerasi terjadi sebagai respons parasimpatis melalui baroreseptor dan kemoreseptor sehinga terjadi perlambatan frekuensi DJJ.





Bila DJJ memperlihatkan adanya 2 akselerasi dalam periode 20 menit maka hasil pemeriksaan CTG disebut REAKTIF. Dan tidak adanya akselerasi menunjukkan adanya NON REAKTIF dan situasi ini memerlukan pemeriksaan lanjutan

Pemeriksaan gambaran CTG yang normal adalah :

•Denyut jantung janin  110 to 160 denyut per menit (bpm)
•Variabilitas / amplitude DJJ antara 5 – 25 dpm
•Pada kehamilan lebih dari 30 minggu, terdapat akselerasi DJJ lebih dari 15 kali permenit
  yang   dapat   timbul   spontan  atau  ditimbulkan dengan melakukan pemeriksaan dalam
  (vaginam).
•Pada kehamilan 23 – 30 minggu, akselerasi biasanya normal diatas 10 dpm.
•Tidak ada deselerasi.
 
Pemeriksaan gambaran CTG yang mencurigakan:
  • Takhikardi 
  • Bradikardi 
  • Variabilitas saltatori 
  • Terdapat variabel deselerasi bersamaan dengan keadaan meragukan lainnya 
  • Deselerasi lambat dengan variabiliti yang normal


 

2 komentar :

Unknown said...

Apabila hasil print kurang jelas atau buram apa yang harus dilakukan...?

Unknown said...

Beli tinta

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner