Home » , » Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS)

Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS)



ALUR SAMRS



Agak tergelitik untuk menulis tentang SAMRS dimana tugas teknisi sebagai pemeliharaan dan perbaikan haruslah tercatat dan terdokumentasi dengan baik. Kalau alatnya masih bisa dihitung jari (10 buah) tentu tidak menjadi masalah, kalau sudah ratusan bahkan ribuan dan tersebar di berbagai tempat/ daerah/ruangan tentu akan pusing juga kalau mengelola secara manual tulis tangan pastilah tidak efisien di jaman yang digital ini, tidak efektif dan efisien !!!
Bisa dibayangin kalau harus merekap data secara manual, ini sudah jaman digital, terkomputerisasi dan paperless. 4G broadband. Masa tulis tangan terus, hadeh ....

Rumah sakit dengan berbagai jenis ASET baik itu alat non medis dan alat medis pastilah terjadi penambahan baru (pembelian) ataupun pengurangan (afkir alat). SAMRS ini sangat membantu pihak manajemen rumah sakit untuk mengelola aset peralatan medik maupun non alat medik dengan baik, efektif dan efisien. Bagaimana Anda tahu berapa banyak alat di Rumah Sakit Anda secara real di lapangan jika Anda tidak punya datanya ???

MANFAAT SAMRS :

  1. Mengklasifikasikan alat berdasarkan jenis alat, ruangan, tahun pengadaan, dll
  2. Perencanaan pemeliharaan (preventive maintenance) yang maksimal, dengan adanya jadwal pemeliharaan dan jadwal kalibrasi. Sesuai PERMENKES No. 363 Tahun 1998 : Dengan Fitur ini semua peralatan medik akan diklasifikasikan mana alat yang wajib dikalibrasi sesuai standar PERMENKES No. 363 Tahun 1998 dan yang tidak wajib dikalibrasi. Permenkes No. 54 Tahun 2015.
  3.  Perencanaan pengadaan kit maintenance tahunan dan service kontrak alat
  4. Aplikasi pengingat pemeliharaan
  5. Aplikasi pengingat perbaikan, utamanya perbaikan yang tertunda
  6.  Medical Equipment Calibration, Maintenance & Repair. History / Track Record. Semua terdokumentasi, lebih bagus bisa upload file dan foto.
  7. Terintegrasi dengan ruangan lainnya, akses untuk melihat status alat, pemeliharaan dan perbaikan dan aset jumlah alat untuk manajemen.
  8. Terintegrasi dengan Form Worksheet Pemeliharaan dan Perbaikan. Paperless dan terdokumentasi
  9. Barcode Sistem Support untuk pelabelan aset telah dilengkapi dengan sistem barcode
  10. Graphic Report : Laporan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik yang menarik untuk membantu analisa data
  11. Membantu untuk melakukan Re-inventarisasi alat dan aset. Croscek di lapangan.
  12. Memudahkan pihak manajemen rumah sakit untuk melakukan fungsi kontrol, monitor, evaluasi dan perencanaan yang bisa dijadikan dasar sebuah pengambilan keputusan terkait dengan Improvement yang harus dilakukan pihak manajemen rumah sakit.
  13. Membantu Mendokumentasikan dengan baik semua pekerjaan yang berkaitan dengan inventarisasi, kalibrasi, pemeliharaan, penanganan complain dan perbaikan alat.
  14. Mempermudah rumah sakit dalam menghadapi akreditasi rumah sakit (KARS) ataupun Joint Accreditation International (JCI)
  15. Semoga ke depannya terintegrasi dengan HP Android :)

Keterangan Alat Medis Secara Lengkap
 Dengan adanya SAMRS maka pekerjaan :
  • Inventarisasi alat medis
  • Medical equipment sparepart dan aksesories inventarisasi
  • Preventive Maintenance Record
  • Calibration Record
  • Complain and Repair Record
  • SOP Alat
  • Manual Book
  • Dokumen Pelengkap
  • Service Planning
Menjadi terbantu, efektif dan efisien.

Bisa dilihat bedanya, kalau masih merekap manual seperti gambar di atas, hadeh ....



APLIKASI ASPAK (Aplikasi Sarana, Prasarana & Peralatan Kesehatan)

Ada aplikasi dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. ASPAK di link tetapi hanya bersifat pelaporan satu arah, hanya mengumpulkan data pelaporan, dan hanya yang mempunyai akses pasword yang bisa melihat. Berbeda dengan SAMRS yang dikhususkan untuk internal ASET Rumah Sakit dan manajemen Rumah Sakit.

Penulis menyarankan RS anda mempunyai SAMRS sendiri. Semoga bermanfaat.


0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner