Home » , , » Melihat Perlengkapan Medik Di Dalam Ambulans

Melihat Perlengkapan Medik Di Dalam Ambulans

Gambar Ambulans Jaman Dulu

Ambulans pertama kali dipakai pada waktu perang inggris tahun 1888 untuk mengangkut prajurit perang yang terluka di medan peperangan ke rumah sakit terdekat. Waktu ambulansnya masih ditarik dengan tenaga kuda untuk jalannya. Dan belum ada tenaga medik yang disiagakan di dalam ambulans tersebut. Jadi kalau masih bisa hidup sampai rumah sakit terdekat, sangat beruntunglah prajurit yang terluka tersebut.

Sekarang jaman sudah canggih, ambulans sekarang menggunakan kendaraan mobil dengan tipe angkut yang lebih besar dan dilengkapi dengan peralatan elektromedik, air conditioner (AC), alat bantu pernafasan, foto x-ray portable dan tenaga paramedik yang disiagakan di dalam ambulans, yang tempatnya terpisah dengan driver ambulans.

Tapi di indonesia kebanyakan sih ambulans masih hanya dipakai sebagai kendaraan pengangkut jenasah. Dan ambulans di Indonesia banyak yang belum memenuhi kelengkapan gawat darurat untuk menangani pasien. Kebanyakan mobil sejenis minibus yang dimodifikasi sekedar untuk mengangkut pasien saja dengan perlengkapan medik yang ala kadarnya. Kalau saya lihat rumah sakit, yang pertama saya lihat pastilah ambulansnya dulu, itu mencerminkan rumah sakitnya juga lho.




Ambulans dipakai untuk perpindahan pasien dari dan ke rumah sakit, baik itu menuju Instalasi Gawat Darurat rumah sakit rujukan ataupun tempat transit seperti bandara atau anjungan helikopter. Kalau untuk tenaga paramediknya pasti ada minimal seorang dokter dan seorang perawat sebagai pendamping saat perjalanan. Semua yang ada di ambulans termasuk dalam tingkat emergency atau darurat. Jadi semua perlengkapan peralatan di ambulans haruslah selalu siap sedia dimanapun dan kapanpun.

Tarif ambulans juga lumayan mahal lho, hitungnya per km. Tapi kalau naik ambulans, rombongan presiden atau rombongan bupati saja kalah dengan suara sirine yang berdengung. Semuanya pasti minggir dan memberikan ambulans jalan terlebih dahulu. Dijamin sampai tujuan dengan cepat, karena itu memang kelebihan dari ambulans.

Perlengkapan Ambulans

Yang dasar dan selalu harus ada adalah patient monitor, defibrillator, kursi roda, brancard pasien transport, dan oksigen tabung lengkap regulator dan resucitator bagnya.

Karena pada ambulans belum ada standarisasi peralatan perlengkapan medik, coba kita lihat apa saja sih yang mungkin diperlukan pada ambulans demi perangkat darurat medik.

Keterangan menurut gambar :
1: Defibrillator dengan Pasien Monitor
2: Syringe Pump Pack Set
3: Suction unit
4: High Flow CPAP
5: Syringes and Needles
6: Obat-obatan
7: Rak Peralatan Tambahan
8: Rak Peralatan Tambahan
9: Sarung Tangan Medis
10: Stretcher Brancard Pasien Transport
12: Ventilator Portable
13: Emergency suitcase and backpack

Nah, demi kenyamanan pasien dan keamanan pasien maka perlengkapan peralatan medik yang mendukung sangat diperlukan untuk tindakan medik di dalam ambulance. Baik itu penanganan darurat pertama dan perpindahan pasien.

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner