Home » » Terapi Pemutih Gigi

Terapi Pemutih Gigi


Gigi Putih - Kinclong

Semua orang pasti menginginkan memiliki gigi yang putih, sehat dan kuat. Dalam dunia kedokteran, perawatan gigi sangatlah penting, tetapi dalam hal ini bukan hanya untuk perawatan kesehatan saja, terapi pemutih gigi juga sangat berpengaruh besar dalam hal eksotika.

Selain pemasangan kawat gigi (Orthodontics), terapi pemutihan gigi juga sangat laris di pasaran, tetapi hal tersebut juga tidak juga murah. Untuk terapi pemutih gigi biasanya memakan biaya 1 - 4 juta.

Pada dasarnya ada 2 jenis prosedur pemutihan gigi:
  • Terapi Bedah laser pemutihan gigi
  • Terapi di rumah menggunakkan larutan gigi whitening
Ada juga yang lain, yaitu kombinasi di antara keduanya. Tetapi sangat disarankan untuk melakukan terapi pemutihan gigi di dokter gigi.

Okelah kalau begitu, bagaimana dengan prosedur yang akan dijalankan ?

1. Terapi Bedah Laser Pemutihan Gigi

- Sebelum prosedur whitening dokter gigi atau ahli kesehatan akan sangat membersihkan gigi, menghilangkan noda dan setiap permukaan dari karang gigi. Prosedur ini sering disebut sebagai sisik (scale) dan semir. Disinilah gigi Anda akan dibedah, gigi Anda akan dibersihkan secara maksimal dengan handpiece yang ada di dental unit.

- Langkah berikutnya akan untuk dokter gigi untuk membuat catatan dari warna gigi sebelum prosedur untuk menunjukkan perbedaan pasien dicapai setelah pemutihan. Ini adalah perekaman baik menggunakan panduan warna gigi berwarna / chart atau dengan mengambil foto digital gigi Anda.



- Daerah ini kemudian dipersiapkan untuk prosedur. Senyawa yang bleaching biasanya mengandung konsentrasi peroksida yang tinggi (15-50%) dan jadi dokter gigi biasanya akan menempatkan beberapa bentuk perlindungan di sekitar gusi sehingga hanya gigi dihadapkan pada senyawa. Ini mungkin melibatkan menutup gusi dengan gulungan kapas atau gel pelindung material yang mengeras sekali diterapkan pada gusi. Jadi untuk melindungi jaringan ini, dokter gigi Anda akan perlu untuk mengisolasi gigi yang akan diputihkan. Mereka melakukan ini dengan cara menempatkan sebuah "nampan gigi bendungan."
Gigi terisolasi sebelum perawatan pemutihan gigi diterapkan. Salah satu bentuk gigi bendungan penghalang adalah lembaran tipis lateks yang memanggil dokter gigi "bendungan karet." Menuju lubang di lateks (satu untuk setiap gigi) dan kemudian menyelinap atas gigi pasien. Gigi yang menonjol keluar dapat diobati namun lembaran lateks bertindak sebagai penghalang untuk menjaga pemutih dari pasien gusi dan bibir.
Semakin tinggi konsentrasi peroksida di kompleks semakin kuat senyawa bleaching. Ini berarti akan lebih efektif memutihkan gigi, tetapi pada saat yang sama memiliki potensi yang lebih besar untuk menyebabkan kerusakan jaringan gusi di sekitarnya dan bibir Anda.

- Sebuah pipi retractor digunakan untuk menjaga bibir dan pipi menjauh dari gigi. Pelindung mata juga diberikan untuk mencegah kerusakan mata dari laser digunakan kebetulan atau percikan dari peroksida. Banyak praktek-praktek kosmetik sekarang menawarkan kacamata DVD sehingga pasien dapat menonton film selama pengobatan mereka!



- Whitening gel ini kemudian diterapkan pada permukaan gigi dan terkena cahaya atau laser selama kurang lebih 1 jam, yang mengaktifkan dan mempercepat seluruh proses membuat whitening lebih efektif. Beberapa sistem tidak menggunakan mengaktifkan laser dan banyak dokter gigi laser berpendapat bahwa tidak diperlukan untuk aktivasi dari senyawa bleaching. Dokter gigi akhirnya akan mencuci dari gel pemutih dan menghilangkan perlindungan karet sebelum mengevaluasi hasil akhir dengan mengambil foto atau menggunakan bagan warna. Hasilnya biasanya cukup dramatis.

- Banyak pasien gigi sangat sensitif segera setelah prosedur ini dan itu disarankan untuk mencoba dan menghindari panas atau minuman dingin untuk sementara. Beberapa dokter gigi fluoride menawarkan perawatan pemutihan gigi berikut untuk mengurangi efek ini pada sensitivitas.

Pemutihan gigi dilakukan di dokter gigi biasanya tanpa nampan hanya dengan satu kunjungan. Teknik ini sebenarnya adalah pemutihan gigi dengan menggunakan sinar laser sebagai alat untuk mempercepat reaksi pemutihan gigi. Syarat mutlak untuk mendapatkan hasil terbaik bagi gigi Anda, dokter akan membersihkan semua kerak dan noda yang ada pada gigi dulu.

Penyinaran menggunakkan sinar ion bluelight dan laser menggunakkan counter waktu menyesuaikan dengan dosis larutan whitening yang diberikan kepada pasien. Panjang gelombang cahaya yang dipancarkan dari unit ini berada dalam kisaran 400 sampai 525nm (berarti bahwa cahaya memiliki warna biru-hijau) guna meningkatkan efisiensi proses pemutihan.

Hasil pemutihan gigi laser bisa berlangsung cukup lama selama 2-3 tahun.


2. Terapi In Home


Terapi home teeth whitening melibatkan pembelian mouthguard tipis atau strip yang menyimpan konsentrasi yang relatif rendah dari larutan oksidasi di dokter gigi, dengan terapi selama beberapa jam sehari untuk jangka waktu 5 sampai 14 hari. Hal ini dikenal sebagai over-the-counter bleaching.



Hasil dapat bervariasi, tergantung pada aplikasi mana yang dipilih, dengan beberapa orang mencapai gigi lebih putih dalam beberapa hari, dan lain-lain melihat hasil yang sangat sedikit atau tidak ada hasil sama sekali. Whitening secara potensial lebih baik di dokter gigi karena strip atau mulut-penjaga tidak sepenuhnya sesuai dengan bentuk gigi, kadang-kadang meninggalkan sisa dekat daerah gusi, sehingga tidak menjadi putih. Larutan pemutih biasanya kurang dari 10% hidrogen peroksida setara sehingga iritasi pada jaringan lunak di sekitar gigi dapat dikurangi. Dokter gigi serta beberapa laboratorium gigi dapat merancang nampan pemutihan sesuai permintaan yang akan sangat meningkatkan hasil yang dapat dicapai dengan "di rumah" untuk metode pemutihan gigi. Untuk led pemancar ion bluelight menggunakkan tenaga baterai, tetapi mempunyai intensitas panjang gelombang yang lebih rendah sehingga harus dilakukan beberapa kali proses.

Tetapi juga kebanyakan praktek gigi kosmetik menawarkan kombinasi di-operasi dan pemutihan gigi langsung dibawa pulang profesional tooth whitening kit dengan wadah pelindng gigi standar. Kedua prosedur didasarkan pada proses pemutihan (bleaching )yang menggunakan senyawa berbasis peroksida yang bervariasi dalam kekuatan (3-30% peroksida).

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner