Home » » AFTA 2010 (Asian Free Trade Area 2010)

AFTA 2010 (Asian Free Trade Area 2010)

Penjelasan secara singkat ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.

AFTA dibentuk pada waktu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura tahun 1992. Awalnya AFTA ditargetkan ASEAN FreeTrade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia akan dicapai dalam waktu 15 tahun (1993-2008), kemudian dipercepat menjadi tahun 2003, dan terakhir dipercepat lagi menjadi tahun 2002.Skema Common Effective Preferential Tariffs For ASEAN Free Trade Area (CEPT-AFTA) merupakan suatu skema untuk 1 mewujudkan AFTA melalui : penurunan tarif hingga menjadi 0-5%, penghapusan pembatasan kwantitatif dan hambatan-hambatan non tarif lainnya. Perkembangan terakhir yang terkait dengan AFTA adalah adanya kesepakatan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunai Darussalam pada tahun 2010, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapura dan Thailand, dan bagi Cambodia, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2015.

Jadi celingak-celinguk melihat banyak rumah sakit-rumah sakit dibangun di Indonesia, menjelang tahun 2010, bagi yang belum tahu, ini bocoran sedikit, mau menjelang AFTA bro. Wah berarti akan banyak tenaga kesehatan yang diserap dunk Belum tentu juga itu ...

Disini alumni tenaga elektromedik, baik juga yang sudah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga merasa ikut merasakan pengaruhnya. Mungkin dari munculnya merk-merk baru alat kesehatan dan tenaga-tenaga teknisi ataupun konsultan produk dari luar negeri.

Oleh karena itu, hal pasti ada hal positif dan hal negatif yang didapatkan dari pasar bebas mendatang. Tetapi yang jelas, kita harus siap menghadapi pasar bebas ini. Saya berharap akan ada industri alat kesehatan yang dibuat oleh tangan-tangan anak Indonesia sendiri, dimana alat-alat kesehatan tidak lagi didominasi oleh pabrikan luar negeri.

GO AFTA 2010 !



1 komentar :

Anonymous said...

adanya AFTA pasti akan menimbulkan dampak negatif dan positif bagi perekonomian di Indonesia. tapi moga2 aja anak2 Indonesia bisa menjadikan AFTA sebagai ajang untuk unjuk kreatifitas dan intelektualitasnya dalam menciptakan produk2 yang bermanfaat bagi kelangsungan AFTA sendiri, sehingga negara lain akan punya alasan untuk menghormati dan mengagumi Indonesia... amiiieeennn.... GO INDONESIA!

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner