Home » , » Terapi Hiperbarik - Hyperbaric Oxygen Therapy (HBO)

Terapi Hiperbarik - Hyperbaric Oxygen Therapy (HBO)

(Hiperbarik - RSAL Ramelan Sby)

Menghirup oksigen murni dengan kepadatan tingkat tinggi, kata Sholeh, terasa langsung mak ces (nyaman) di tubuh. Dengan masuknya oksigen murni, sisa-sisa gas racun seperti karbon monoksoda (CO) bisa ditekan keluar dari tubuh. Demikian, jaringan pembuluh darah yang mengalami gangguan kesehatan akibat penyelaman bisa diperbaiki.

Secara singkat Terapi Oksigen Hiperbarik adalah terapi dengan masuk kedalam Recompression Chamber/ RUBT (Ruang Udara Bertekanan Tinggi) menghirup oksigen murni (100 persen) dalam ruang udara yang bertekanan lebih besar dari pada tekanan udara atmosfir normal. Pengobatan oksigen hiperbarik ini berpengaruh pada pengiriman oksigen secara sistemik , dimana terjadi peningkatan 2 sampai 3 kali lebih besar dari tekanan atmosfer biasa.

Semula terapi ini hanya digunakan untuk membantu para prajurit AL yang mengalami gangguan keracunan Nitrogen (Nitrogen Narcosis yakni penyakit dekompresi pada penyelam akibat menyelam terlalu lama atau pada kedalaman tertentu. Melalui terapi ini akhirnya banyak penyelam yang diselamatkan dari penyakit nyeri otot sendi dan tulang hingga kelumpuhan (bend) atau kematian. Perkembangan selanjutnya terapi ini ternyata berguna juga untuk mereka yang menderita stroke dan penyakit-penyakit lain seperti ganggren gas, keracunan gas, hipox jaringan dsb.)

Untuk HBO saat ini terdapat di :
- RSAL Mintohardjo, Jakarta ada 4 buah
- RSPP Jakarta ada 4 buah
- RSAL Ramelan, Surabaya
- RSAL Midiyato Sutorani, Tanjung Pinang
- RS PT Arun, Aceh
- RS Pertamina Cilacap
- RS Panti Waluyo, Solo
- RSU Sanglah, Denpasar
- RS Pertamina Balikpapan
- RSU Makasar
- RS Gunung Wenang, Manado
- RSAL Halong, Ambon
- RS Petromer, Sorong
- dll

Terapi Hiperbarik biasanya terdapat pada RS untuk angkatan laut dan RS yang berhubungan dengan pertambangan.

Perawatan HBOT berfungsi untuk :
1. Meningkatkan konsentrasi oksigen pada seluruh jaringan tubuh, bahkan pada aliran darah yang berkurang.
2. Merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru untuk meningkatkan aliran darah pada sirkulasi yang berkurang.
3. Menyebabkan pelebaran arteri rebound sehingga meningkatkan diameter pembuluh darah, dibanding pada permulaan terapi.
4. Merangsang fungsi adaptif pada peningkatan superoxide dismutase (SOD), merupakan salah satu anti oksidan dalam tubuh untuk pertahanan terhadap radikal bebas dan bertujuan mengatasi infeksi dengan meningkatkan kerja sel darah putih sebagai antibiotic pembunuh kuman.
5. Regenerasi sel yang lebih cepat.

Terapi sudah ngentrend di luar negeri untuk membantu kesembuhan pasien dengan lebih cepat selama masa pengobatan. Banyak pasien yang mengaku banyak terbantu dengan mengikuti paket terapi hiperbarik secara rutin.

Hiperbarik biasanya digunakan untuk penyembuhan Clostridial Myositis dan Myonecrosis (Ganggren Gas), Clostridial Myositis dan Myonecrosis (Ganggren Gas), luka akibat kecelakaan, sindrom compartment, trauma akut ischemia, luka, anemia, infeksi pada tulang, komplikasi terapi radiasi, pencangkokan kulit dan luka bakar.
Sekarang ini hiperbarik juga direferensikan oleh beberapa dokter untuk terapi anak Autis, Celebral Palsy, dan bisa juga untuk treatment perawatan kulit biar lebih muda.

Ingin mencoba ?

Reference :
- Lakesla-hbot
- Hyperbaric Wikipedia
- drcranton.com
- maimonides medical center

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner