Home » » Universal Precaution at Disinfeksi

Universal Precaution at Disinfeksi


Universal Precaution (kewaspadaan umum) pada infeksi mukosa sangatlah penting. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel saya salah satu upaya pencegahan adalah mencuci tangan yang benar. Bagaimana kita tahu ada kuman atau bakteri yang menempel pada tangan kita ? Mencegah lebih baik bukan ?

Infection control juga dapat ditilik pada alat yang digunakan apakah sudah dilengkapi dengan fitur disinfeksi juga tidak ? Apa tidak lucu, karena kita berobat dan memakai suatu alat kesehatan, malah kita ketularan dari alat tersebut. Saya menyebutkan alat kesehatan itu banyak macamnya, termasuk instrumennya juga lho, khan ada yang disposable ada juga yang bisa disterilkan ulang.

So, apa itu Disinfeksi ?
Adalah suatu proses yang bertujuan membunuh atau menghilangkan organisme mikro yang paling patogen kecuali spora bakteri. Prosedur disinfeksi tidak boleh diterapkan jika kesterilan diperlukan, karena ada prosedur tersendiri untuk sterilisasi.
Disinfeksi ada berbagai macam prosedur :
Mmm, saya bahas disinfeksi panas ma disinfeksi kimia aja.
a. Disinfeksi Panas
Dilakukan jika barang yang bersangkutan dapat menahan panas dan kelembaban serta tidak memerlukan sterilisasi, disinfeksi secara panas atau pasteurisasi dengan memakai panas dan air pada suhu dan dengan jangka waktu yang dapat memusnahkan pengantar patogen yang hidup dan tumbuh adalah cara disinfeksi yang paling sederhana, paling tepat hasil dan juga tepat secara biaya. Pasteurisasi adalah proses disinfeksi secara panas yang memakai air panas atau pada suhu 80 oC sampai 90 oC. Kisaran itu setara dengan tingkat menengah disinfeksi untuk lama persentuhan tertentu panas cepat diantar (oleh air dan oleh sebagian besar logam) sehingga dapat menembus dan mendisinfeksi barang dengan lebih efisien daripada bahan kimia. Namun, akibat panas pada mikroba dapat berkurang jika pembersihan tidak cukup baik. Jadi parameter suhu harus sesuai.
b. Disinfeksi Kimia
Kemampuan disinfektan kimia untuk secara tepat hasil menjadikan tidak aktif penyebab infeksi yang bersifat mencemarkan bergantung pada sejumlah faktor, yang mencakup jumlah awal pengantar yang ada, suhu (25 oC adalah suhu yang optimal, pH dan konsentrasi). Chiba 1994

Alat kesehatan masa kini biasanya dilengkapi dengan fitur disinfeksi. Tetapi parameter disinfeksi harus selalu kita kontrol agar hasilnya optimal.
Contohnya :
- Bed Pan Sanitizer
- Washer Disinfectan
- Hemodialysis Unit
- Etc.

Universal Precaution tidak berdasar karena suatu wilayah, ataupun karena pandemi, epidemi ataupun endemi suatu penyakit di suatu wilayah. Tetapi karena kesadaran kita sendiri.

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner