Home » » Sejarah Singkat RSU Dr. Soetomo Surabaya

Sejarah Singkat RSU Dr. Soetomo Surabaya

Rumah Sakit Umum (RSU) Dr.Soetomo Surabaya merupakan salah satu rumah sakit daerah yang berada di bawah pengawasan langsung Gubernur selaku Kepala Pemerintahan Daerah Tingkat I Jawa Timur. Hal ini didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Jawa Timur No. 9 Tahun 1985. RSU Dr. Soetomo merupakan RSU yang terbesar dan terlengkap di wilayah Indonesia Bagian Timur, sehingga rumah sakit ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan bagi beberapa kasus tertentu yang tidak dapat ditangani oleh rumah sakit lainnya, baik di wilayah Jawa Timur maupun wilayah Indonesia Bagian Timur pada umumnya.

Berdirinya Rumah Sakit ini berkaitan erat dengan kebutuhan sarana kesehatan di masa penjajahan Belanda. Bermula dengan nama Centrale Burgeilyke Zienkenhuis (CBZ) yang berada di jalan Pemuda (pusat kota). Oleh masyarakat Surabaya, Rumah Sakit ini lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Simpang.

Pada tahun 1952 untuk pertama kalinya pemerintah RI memberikan bantuan sehingga Rumah Sakit tersebut dapat berbenah diri sambil berupaya untuk membangun gedung baru di lokasi jalan Dharmahusada. Beberapa instansi telah dipindahkan ke gedung baru tersebut, yang lebih dikenal dengan sebutan Rumah Sakit Karang Menjangan. Sejak tahun 1957, Rumah Sakit CBZ berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo. Pada tahun 1980, sebagai realisasi tata kota dan pertimbangan efisiensi, maka seluruh kegiatan di Rumah Sakit Simpang dipindahkan ke Rumah Sakit Karang Menjangan, sejak saat itu pula rumah sakit di jalan Dharmahusada tersebut resmi bernama Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo. Untuk mengenang perintisnya dan sebagai pejuang bangsa, maka sebuah patung Dr.Soetomo setengah badan terdapat di muka Rumah Sakit ini.

RSU Dr. Soetomo berdasarkan klasifikasi yang berlaku termasuk Rumah Sakit tipe A. Di Indonesia semua rumah sakit milik pemerintah dapat dibedakan menjadi 4 tipe yaitu :

- Rumah Sakit tipe A

- Rumah Sakit tipe B

- Rumah Sakit tipe C

- Rumah Sakit tipe D

Sebagai rumah sakit tipe A, maka RSU Dr. Soetomo mempunyai fungsi dan tanggung jawab dalam hal :

  1. Pelayanan Kesehatan Masyarakat
  2. Pendidikan Kesehatan

3. Penelitian Kesehatan

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner