Home » , » Perbandingan Harus Apple To Apple, Jangan Lihat Elektromedis Hanya dari Kulitnya

Perbandingan Harus Apple To Apple, Jangan Lihat Elektromedis Hanya dari Kulitnya



Credit https://www.youtube.com/watch?v=2CdxIvVcED0 KARS Youtube Official

Dapat sharing dari temen teknisi tentang Video Youtube tentang Pemeliharaan Ventilator Mandiri di unit Fasilitas Medik RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo, wah hebat dong Teknisi Elektromedis RSCM bisa pemeliharaan ventilator sendiri, menghemat biaya pemeliharaan dan kalibrasi sampai dengan ratusan juta dan milliaran.

Ya harusnya peran teknisi Elektromedis itu seperti itu, berfungsi untuk pemeliharaan peralatan medik salah satunya ventilator sesuai dengan video Youtube tersebut. Tapi.... eitttts jangan sampai salah persepsi dan pengertian, pemeliharaan ventilator mandiri tersebut bisa terpenuhi pasti dengan pemenuhan ketersediaan sparepart pemeliharaan, adanya fasilitas peralatan ukur kalibrasi dan pelatihan dari vendor kepada teknisi elektromedik di RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo dengan sertifikasi/lisensi.

Maka jangan dibandingkan RSUPN (Rumah Sakit Umum Pusat Nasional) dengan RSUD Rumah Sakit Umum Daerah atau RSK Rumah Sakit Khusus milik Daerah, apa bedanya ???
Ya pasti berbeda, RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo adalah Rumah Sakit Rujukan Nasional, Rumah Sakit Pendidikan dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Akhir yang Klasifikasi Kelas Rumah Sakitnya sudah Rumah Sakit Tipe A. Jangan dibandingkan ketenagaan SDM, organisasi manajemen, kemampuan keuangan sebagai UPT BLUD, jumlah pelayanan kesehatan yang bisa ditangani, jumlah dokter spesialis dan sub spesialis, jumlah alat kesehatan, jumlah bed rawat inap, kompleksitas pelayanan, milik pemerintah (Negeri), dll.

Rumah Sakit RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo adalah Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan dan Rumah Sakit Pendidikan dengan Klasifikasi RUmah Sakit Kelas A yang melayani Rujukan Nasional untuk :
  • Pelayanan Geriatri Terpadu
  • Transplantasi Ginjal
  • Transplantasi Hati
  • Pelayanan Jantung Terpadu
  • Pelayanan Neonatologi, Bayi Baru Lahir Dengan Resiko Tinggi
  • Pelayanan Retina
  • Implant Cochlear
  • Tomotheraphy
  • Pelayanan Strooke Terpadu
  • Pelayanan Penyakit Langka (Rare Dissease)
  • IMRT (Intensity Modulated Radiation Theraphy)
  • Pemisahan Bayi Kembar Siam 
  • In-Vitro Fertilization (IVF) Bayi Tabung
  • Pelayanan Gamma Knife
Dimana Rumah Sakit Lain setara Klasifikasi Kelas A, Rumah Sakit Pendidikan di daerah lain mempunyai pelayanan rujukan kesehatan ada yang sama dan ada juga yang berbeda atau malah tidak ada. Pelayanan unggulan tiap-tiap rumah sakit juga berbeda. Dan RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo sudah terakreditasi JCI, tidak semua Rumah Sakit Kelas A bisa terakreditasi JCI.

Jadi... jangan membandingkan kalau itu sama rumah sakit berarti sama saja. Harap membandingkan sesuatu hal tersebut Apple to Apple, Jeruk sama Jeruk, perbandingan yang setara dan equivalen. Jika dibandingkan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Negeri ya beda level dong....

Bandingkan sesuai dengan klasifikasi, Rumah Sakit Negeri atau Swasta, Klasifikasi Kelasnya, RS Vertikal Propinsi atau RSUD, Jumlah dan Jenis Alat Kesehatan, Jumlah Ketenagaan Elektromedis dan jenjang jabatan, Jumlah Pelayanan

Perbandingan Ketenagaan SDM, Elektromedik RSCM pada unit khusus Fasilitas Medik dengan kompleksitas pelayanan kesehatan dan rumah sakit rujukan memiliki sekitar 48 tenaga teknisi elektromedis dengan latar belakang kompetensi dari Elektromedis Terampil Pelaksana, Elektromedis Ahli sampai dengan Elektromedis Madya yang tersebar dengan zonasi pelayanan yang terpusat di unit Fasilitas Medik. RSCM juga saat ini sudah mampu melakukan uji kalibrasi secara mandiri bekerjasama dengan BPFK. Manajemen dan teknis berjalan beriringan. Maka dari itu kalau kurang jelas, silahkan ajukan study banding ke RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Jangan melihat sekilas dari kulitnya saja.



Apalagi dengan otonomi daerah yang ada, perkembangan suatu Rumah Sakit Umum Daerah maupun Rumah Sakit Khusus Daerah tergantung dari Program Kerja Pemimpin Daerah yang terpilih, kalau pemimpin daerahnya acuh tak acuh dan tidak memprioritaskan pelayanan kesehatan di daerahnya, hanya menjalankan saja copy paste program kerja dari pemimpin daerah sebelumnya ya seperti itu saja RSUD RSKD berjalan di tempat. Makanya yang sering bermasalah sering tampil di koran, di pengaduan internet tentang keluhan pelayanan pasien dan keluarga pasien pada pelayanan kesehatan dari masyarakat itu rata-rata Rumah Sakit Umum Daerah.





Ok sekali lagi, jangan melihat hanya dari cover kulitnya...

0 komentar :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner