Home » , , » Prospek Kerja Dan Gaji Teknik Elektro Medik

Prospek Kerja Dan Gaji Teknik Elektro Medik



Biomedical Equipment Technician (BMET) at work 
Melanjutkan tentang posting "Apa Itu Elektro Medik ?"

Kalau di Indonesia jurusan Biomedical Equipment Technician (BMET) maintains, services, and repairs medical equipment nama lainnya Teknik Elektro Medik. Maklum kebanyakan alat kesehatan elektromedik kebanyakan buatan luar negeri, yang memang sudah diproduksi dengan standard kelayakan dan quality control yang ketat.

Tenaga Elektromedik termasuk salah satu kategori Tenaga Kesehatan Tenaga Teknik Biomedika Menurut UU no 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Dan termasuk Jabatan Fungsional Tertentu.

Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
Pasal 11 Poin (12) Jenis Tenaga Kesehatan yang termasuk dalam kelompok tenaga teknik biomedika sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf k terdiri atas radiografer, elektromedis, ahli teknoiogi laboratorium medik, fisikawan medik, radioterapis, dan ortotik prostetik.

Prospek Kerja Teknik Elektromedik mengikuti perkembangan jaman, perkembangan teknologi dan perkembangan akan kebutuhan pelayanan kesehatan sangatlah luas. Tidak selalu lulusan teknik elektro medik bekerja sebagai teknisi lapangan, hal tersebut merupakan pilihan pribadi masing-masing individu menjalankan dan mempraktekan ilmu yang telah diperolehnya.

Prospek Kerja Alumni Lulusan Teknik Elektro Medik :

- Dosen Pengajar
- Pegawai Negeri Sipil
- Field Engineer Principal / Teknisi Lapangan Pabrikan
- Field Engineer Vendor / Teknisi Lapangan Distributor
- Application Engineer / Teknisi Khusus Software Aplikasi
- Marketing Sales / Bagian Penjualan
- Trainer Aplication
- Manajemen Manajerial Director / Bagian Perencanaan
- Product Development Engineer
- Medical Device Innovators Designer
- Procurement Division / Bagian Pengadaan
- Electromedical Consultant
- Freelance Maintenance
-  Dll

Masih banyak prospek kerja teknik elektromedik di Instansi Pemerintah, BUMN, Sektor Swasta, maupun Wirausaha Mandiri.

Dimana setiap tahunnya Tenaga Teknik Elektromedik disarankan untuk selalu mengasah keahliannya dengan selalu mengikuti workshop atau pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh lembaga yang berkompeten. Sehingga tersertifikasi,  pengalaman kerja profesional, dan berdedikasi.


Gambaran Gaji Tahunan Biomedical Engineer di Amerika USA


Admin mencari di google dengan kata kunci "Salary Medical Equipment Technician"

Survey Biomedical Equipment Technician (BMET) mendapatkan gaji tahunan rata-rata sebesar $86,960 atau setara dengan Rp.869.600.000,- (kurs dollar Rp. 10rb) dengan bayaran perjam perbaikan adalah $41,81 atau setara dengan Rp. 418.100,- (kurs dollar Rp. 10rb)

Wowww sangat bagus sekali prospek tenaga teknik elektromedik di luar negeri.




Tetapi sangat berbeda dengan yang di Indonesia, untuk taraf gaji dan tunjangan kesejahteraan Tenaga Teknik Elektromedik belum bisa setara bagus dengan tenaga kesehatan yang lainnya. Tergantung pada lokasi dan posisi Teknik Elektromedik tersebut berada. You know lah kenapa.....


Jika ada gaji yang tinggi, biasanya juga sebanding dengan beban kerja yang sangat berat dan tekanan pekerjaan tinggi, resiko kesehatan dan waktu. Contohnya : Field Service Engineer dengan coverage Seluruh Indonesia, hahaha.

Lihat dulu rujukan di
  • Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja.
  • Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor Kep.233/Men/2003 tentang Jenis dan Sifat Pekerjaan yang dijalankan secara terus menerus.


JADI....
Bila kamu teknik elektromedik yang bekerja tetapi mendapatkan :
- Gaji di bawah UMR dan UMK
- Tidak mendapat uang lembur
- Tidak mendapatkan Jaminan Asuransi Ketenagakerjaan
- Mendapat kontrak kerja yang ribet dan aneh
- Tidak mendapatkan Kontrak Surat Perjanjian Kerja

Pertama tolak dan sampaikan secara jelas hal tersebut sudah menyalahi undang-undang. Selanjutnya laporkan secara pidana dan awasi. Selalu update berita terbaru. Jangan mudah tertarik dengan iming-iming bonus dan tunjangan yang tidak jelas, anak dan istri menunggu di rumah bro.

Diharapkan ke depannya dengan adanya pasar bebas dan bersaingnya tenaga asing yang masuk ke dalam negeri. Kesejahteraan Tenaga Teknik Elektromedik bisa lebih baik lagi.

Lebih banyak Lembaga Pendidikan yang menghasilkan lulusan-lulusan Elektromedik yang unggul, Lebih banyak Fasilitas Kesehatan yang berstandard Internasional JCI Acreditation
Lebih banyak Pabrikan Alat Kesehatan yang mendirikan pabriknya di Indonesia
Dan harapan yang lebih baik ke depannya. Amin

Baca Juga Hati-hati Surat Ijasah dan STR Anda disalahgunakan !!!

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner