Infant Warmer

Infant Warmer     
Infant berarti bayi dan warmer berarti penghangat. Maka infant warmer secara bahasa diartikan Alat untuk menghangatkan bayi. Alat ini difungsikan sebagai tempat perlindungan bayi bagi yang lahir dini (premature). Infant warmer juga sebagai tempat singgah sementara untuk menstabilkan suhu tubuh bayi yang lahir mengalami hipotermia.

Dengan adanya panas (penghangat) yang dihasilkan oleh infant warmer, maka bayi yang lahir tidak normal dikarenakan suhu tubuh yang kurang stabil dapat dikondisikan sesuai kebutuhan. Jika suhu bayi sudah stabil dan normal, maka bayi akan dipindah ke bed biasa.

Komponen utama dari infant warmer yaitu heater dan kontrol suhu. Penghangat pada infant warmer menggunakkan elemen kering yang suhunya dapat diatur sesuai kebutuhan. Radiasi panas yang mengenai bayi suhunya antara 35 C - 37 C. 


Control Infant Warmer

Pada kontrol dashboard terdapat beberapa tombol pengaturan dan indikator untuk infant warmer.

Kontrol standard infant warmer :
  • Setting suhu Auto & Manual, dimana pada mode auto, infant warmer akan otomatis masuk pada setting pre warming otomatis dengan parameter default yang sudah tersimpan sebelumnya. Pada mode manual, output ratio heating sesuai dengan pengaturan kebutuhan operator dengan menaikkan ataupun menurunkan suhu heating ratio.
  • Skin Sensor, optional bisa diaktifkan atau tidak, sesuai dengan kebutuhan operator. Skin sensor akan dipasang pada bayi yang juga akan ditampilkan pada menu dimana unit infant warmer akan menyesuaikan suhu heating dengan suhu bayi.
  • Air sensor, terletak pada matras bayi yang berfungsi mengontrol radiasi panas yang diterima bayi di atas matras tidak berlebihan karena hal tersebut sangat berbahaya. Maka elemen heater akan berhenti bekerja pada saat suhu setting telah terpenuhi dan akan kembali bekerja secara otomatis ketika suhu kembali turun.
  • Alarm dan timer, sebagai pengingat juga sebagai peringatan apabila salah satu dari parameter kurang atau melebihi dari setting yang ditentukan. Alarm bisa berupa bunyi buzzer ataupun backlight indikator yang terpasang pada unit infant warmer.
  • Examination Lamp, berfungsi sebagai lampu pemeriksaan/penerangan yang ada di atas matras bayi, dan dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai dengan kebutuhan sewaktu-waktu.


2 komentar :

Belajar Ngeblog said...

Kalo inkubator fungsinya sama apa beda yah ? Soalnya itu juga kan buat merawat bayi prematur kan ?
Makasih infonya

|Elektromedik said...

Hai,perlu disampaikan bahwa inkubator berbeda fungsi dengan infant warmer. Infant warmer hanya memberikan suhu panas melalui radiant warmer pemanas elemen yang dikontrol oleh sensor suhu sebagai penghangat, sedangkan inkubator memberikan suhu melalui aliran udara pemanas elemen yang sudah difilter oleh microfilter yang tertutup dalam inkubator dan dilengkapi dengan kelembababan/ humidity dari air aquades disesuaikan dengan suhu rahim ibu, pemberian oksigen dan treatment ventilator serta perawatan lainnya lebih intensif dilakukan di dalam inkubator.

Perawatan bayi prematur menggunakan inkubator atau infant warmer adalah kewenangan klinis dokter dan perawat yang menentukan. Disini kita bahas alatnya saja ya. Di ruangan operasi, bayi baru lahir operasi caesar,awal pertama akan diobservasi dan dirawat di infant warmer sementara, kemudian akan dipindah ke ruangan ataupun inkubator tergantung kondisi bayi dan rekomendasi dokter.

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner