Home » » Geliat Bisnis Alat Kesehatan

Geliat Bisnis Alat Kesehatan



Oleh : Yuyun Manopol


Diam-diam alat kesehatan mendulang pasar yang menggiurkan. Nilai market size-nya Rp 3-4 triliun pada 2006. Bagaimana peta industri alat kesehatan? Siapa dan bagaimana pemain-pemainnya bertarung?


Meskipun kebutuhan alat kesehatan dirasakan tinggi dan urgen, bisnis ini tak begitu disimak orang. Karena itu, hanya sedikit data yang mengungkap seberapa besar bisnis alat kesehatan di Tanah Air. Angkanya memang tak sefantastis total pasar obat. Seperti dikatakan Francis Wanandi, salah satu petinggi distributor farmasi nasional, PT Anugerah Pharmindo Lestari, total pasar obat di Indonesia pada 2005 mencapai Rp 22 triliun dengan pertumbuhan mencapai 10%/tahun. Sementara pasar alat kesehatan, “Saya perkirakan hanya 5%-6% dari nilai pasar obat,” ujar Francis.



Namun, catatan Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (Aspaki) cukup mengejutkan: nilai pasar alat kesehatan di Indonesia mencapai Rp 3-4 triliun. Nilai ini meliputi semua uang yang beredar berkaitan dengan industri ini, meliputi produsen/eksportir, distributor, importir dan maintenance, di luar produk consumerable. Hanya saja, Buntoro, Ketua Aspaki, menegaskan, total nilai ekspor (produsen) pada 2006 hanya mencapai US$ 8-10 juta. Sementara itu, perkiraan omset di industri (produsen) ini senilai Rp 200-400 miliar pada 2006.



Nilai ini sedikit berbeda dari angka yang dilansir Badan Pengembangan Ekspor Nasional. Pada 2001 total impor US$ 43,45 juta, kemudian tahun 2005 mencapai US$ 56,43 juta. Bahkan, tahun 2004 sempat mencapai angka US$ 57,78 juta. Namun, impor produk alat kesehatan pun tak lekang dari masa suram. Tahun 2002, nilai impor produk ini cuma US$ 28,8 juta, merosot hampir 40% dibandingkan dengan impor tahun 2001.



Sementara itu, dari sisi ekspornya, pada 2001 nilainya tercatat US$ 27,79 juta. Namun, trennya terus menurun dan tahun 2005 angkanya tinggal US$ 12,13 juta. Jadi, dalam kurun empat tahun ekspor alat kesehatan menurun lebih dari 60%.

Sumber : Majalah Swa

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner