Home » » Digital Radiography Part I

Digital Radiography Part I

Digital Radiography Viewer

Kompresi data yang merubah informasi gambar menjadi sinyal digital yang sudah ada pada dunia fotografi, dilakukan juga hal yang sama pada hasil gambar x-ray yang juga disebut dengan digital radiografi. Digital radiography pada dasarnya adalah pengambilan gambar sinar-x tanpa film. Di tempat x ray film, perangkat detector digunakan untuk merekam gambar sinar-x dan membuatnya tersedia sebagai sebuah data digital yang dapat disajikan untuk interpretasi dokter atau diolah terlebih dahulu oleh staff radiografer dan disimpan sebagai catatan medis pasien.

CR ( Computed Radiography)

Pada proses di CR ( Computed Radiography) di atas, data digital yang sudah diperoleh dari hasil foto x-ray bisa langsung disimpan sebagai medical record ataupun juga dicetak dengan automatic x-ray print.

CR ( Computed Radiography) menggabungkan penggunaan diagnostik tradisional x-ray mesin dan kemampuan komputer untuk menghasilkan gambar x-ray. Teknologi ini menggunakkan PSP (Photo Stimulated Phospor) bukan pada film tradisional tetapi pada plat phospor. Setelah pengambilan gambar, perangkat CR mendigitalisasikan gambar melalui reader machine. Dengan menggunakkan gambar digital, sistem CR menyediakan kemampuan untuk melakukan peninjauan berbasis komputer yang sebelumnya hanya dilakukan di CT Scan dan MRI, melakukan menipulasi gambar dan transmisi ke foto viewer ataupun dikirim ke tempat dokter yang tidak on-site untuk terjemahan.


Phospor Plat

Kelebihan dari phospor plat ini adalah tidak terpengaruh tidak adanya pengaruh oleh adanya cahaya/ sinar secara langsung, maka dengan sistem ini tidak dibutuhkan adanya kamar gelap ataupun mesin xray processing film yang menggunakkan developer dan fixer. Dan bisa digunakkan berulang-ulang untuk foto xray.


Bersambung Part II

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner