Home » » Troubleshooting

Troubleshooting


Banyak tugas dari tenaga elektromedik selain pemeliharaan alat kesehatan baik fisik maupun program (Preventive Maintenance) ataupun service jika alat ngadat/rusak.
Tapi rusak itu definisinya luaaasss sekali, nah di dalam troubleshooting ini kita selalu kebanyakan kurang mengerti dengan apa yang harus kita lakukan pertama kali. Sebab alat kesehatan tersebut sangat kompleks dan banyak yang berbeda baik dari merk, jenis maupun sistem kerjanya.
Tidak semua peralatan medis mendapat perlakuan yang sama untuk memulai prosedur troubleshooting, apalagi salah satunya sebagai teknisi elektromedik yang biasanya bertemu dengan kasus dimana alat medis tersebut macet atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat dipakai pasien, dan harus diselesaikan di tempat itu juga karena akan segera dipakai.

Pertama-tama diperlukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui masalah atau error yang berlaku sebelum kita melakukan langkah-langkah selanjutnya.
Ada banyak faktor yang menyebabkan alat medis error, misalnya :
- Kesalahan prosedur pengoperasian oleh user
- Sumber tenaga seperti baterai atau listrik PLN yang drop mendadak
- Faktor dari pasien sebagai pengguna
- Error tanda memerlukan kalibrasi ulang
- Dll ....

Nah, dari analisa tersebut maka kita bisa menentukan langkah yang tepat untuk melakukan tindakan selanjutnya baik itu service ataupun penggantian sparepart apabila diperlukan.

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner