Home » » Kondensasi

Kondensasi

Rumus Kimia Air (H2O)

Kondensasi atau pengembunan adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan. Kondensasi terjadi ketika uap didinginkan menjadi cairan, tetapi dapat juga terjadi bila sebuah uap dikompresi (yaitu, tekanan ditingkatkan) menjadi cairan, atau mengalami kombinasi dari pendinginan dan kompresi. Cairan yang telah terkondensasi dari uap disebut kondensat. Sebuah alat yang digunakan untuk mengkondensasi uap menjadi cairan disebut kondenser. Kondenser umumnya adalah sebuah pendingin atau penukar panas yang digunakan untuk berbagai tujuan, memiliki rancangan yang bervariasi, dan banyak ukurannya dari yang dapat digenggam sampai yang sangat besar.

Kondensasi uap menjadi cairan adalah lawan dari penguapan (evaporasi) dan merupakan proses eksothermik (melepas panas). Air yang terlihat di luar gelas air yang dingin di hari yang panas adalah kondensasi. (Wikipedia)



Molekul Air

Terkadang saya juga awalnya bingung, kenapa koq ada alat medis yang korsleting sendiri atau terbakar sendiri tanpa sebab.
Maka kondensasi adalah salah satu penyebab paling besar untuk terjadinya korsleting, karena dengan adanya kondensasi maka terciptalah embun air dalam board unit yang dapat menyebabkan bad contact pada alat atau lebih parahnya menyebabkan korsleting.

Pada literatur alat atau dari temperature yang disarankan untuk suhu ruangan tempat alat medis biasanya berkisar 17 0C - 20 oC apalagi untuk ruang control panel suatu unit besar seperti CT Scan atau MRI pasti membutuhkan pemantauan suhu khusus walaupun sudah dilengkapi dengan exhaust ruangan atau cooler packet dalam unit.

Anda bisa bayangkan apabila ada sebuah titik air yang berada pada rangkaian tegangan tinggi atau pada rangkaian board elektronika alat medis ?
Perpindahan suhu yang terlalu drastis misalnya dari suhu yang paling dingin sekali misalnya 16 0C ke suhu ruangan yang lebih panas misalnya 23 0C dimungkinkan adanya embun air yang terjadi karena hal tersebut.

Faktor yang menentukan terjadinya kondensasi pada alat medis :
- Perpindahan suhu ruangan yang drastis
- Design ruangan, batas antara suhu dalam dan luar ruangan
- Design/bahan cover alat medis
- Gudang penyimpanan



0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner