Home » » Pentingnya Sekering

Pentingnya Sekering

Simbol Sekering

Terkadang sebagai teknisi, kita cenderung ceroboh dalam menganalisa suatu kasus. Hal yang sepele tapi penting misalnya sekering atau fuse. Terkadang tidak kita sentuh sama sekali, dan hal tersebut sangat fatal akibatnya. Karena sebagian besar alat kesehatan, dari produsennya sendiri selalu diperlengkapi dengan safety user seperti grounding dan adanya fuse dalam rangkaian elektroniknya.

Contoh Sekering


IEC Main Filter


Fuse atau sekering pada rangkaian selalu dipasang pada blok tegangan AC dimana tegangan phase PLN saja atau juga terkadang nol PLN juga, keduanya dilewatkan juga pada fuse terlebih dahulu. Bahkan yang lebih baik dilewatkan pada single phase mains filter tegangan AC lihat gambar di atas.

Sekering yang rusak

Anda bisa lihat gambar di atas, secara fisik saja sudah terlihat sekering tersebut sudah hitam dan coil tembaga di dalam sekering sudah tidak terlihat.
Fuse atau sekering yang putus atau rusak bisa dikarenakan :
- Tegangan yang berlebih / overload voltage
- Arus yang berlebih / overload current


Maka sebaiknya apabila kita menemukan adanya fuse di dalam rangkaian, sebaiknya kita ukur dulu lah. Nyambung atau nggak, kalau tidak ya berarti waktunya sekering itu kita ganti dengan yang baru.



Jangan Sepelekan Hal Yang Kecil

Semoga bermanfaat

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner