Home » » Menjadi PNS, Karyawan Swasta atau Wirausaha

Menjadi PNS, Karyawan Swasta atau Wirausaha





Judul di atas merupakan beberapa pilihan bagi kita umumnya yang baru lulus kuliah. Karena ngapain kita susah-susah cari ilmu kalau tidak kerja, kalau tidak ngapain donk ? Nah, hal tersebut juga yang menjadi beberapa pertanyaan bagi para alumni ATEM yang sekarang akan lulus atau masih belum dapat pekerjaan karena ijasah belum keluar, he3 ...

Dengan keadaan negara Indonesia yang sekarang ini lagi krisis dan apalagi mau menyongsong era globalisasi 2010, persaingan semakin ketat. Pertanyaan tadi kembali lagi pada diri kita sendiri, Saat dimana dan kapan kita enjoy dengan pekerjaan yang saat itu kita lakukan ?
Masih banyak teman-teman kita bahkan diri saya sendiri juga masih seperti kutu loncat yang terbang kesana kemari karena tidak cocok dengan sikon, situasi kondisi dan finansial dari pekerjaan yang saya lakukan.
Alasannya simple, ingin yang lebih baik ...

Setelah saya telaah dengan seksama, menjadi PNS, karyawan swasta atau pun wirausaha. Kembali lagi pada diri kita, sudahkah Anda planning diri Anda dengan baik ?

Menjadi PNS mempunyai kelebihan waktu kerja yang santai, tunjangan yang memadai, pensiun dan asuransi kerja juga ada. Tapi saya belum tahu untuk tahun-tahun mendatang, karena sekarang banyak badan pemerintah bahkan rumah sakit yang sudah berubah menjadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara), bisa-bisa tidak ada pensiun tetapi langsung pesangon, seperti di PJKA, Telkom, PLN, dll.
Tetapi kekurangannya kita tidak akan berkembang, terpacu pada rutinitas saja. Semuanya kebanyakan birokrasi.
Menjadi Karyawan Swasta mempunyai kelebihan gaji yang lebih tinggi, kita lebih berkembang pada pengembangan diri kita dan pengalaman yang ada. Untuk masalah tunjangan dan pensiun tidak usah khawatir, karena pada perusahaan swasta biasanya managemen sudah bekerjasama dengan Jamsostek.
Tetapi kekurangannya, biasanya ada target yang harus dipenuhi dan waktu kerja yang lebih lama.
Menjadi Wirausaha mempunyai kelebihan kita bisa sebagai bos bagi diri kita sendiri, kapan kita bekerja dan kita cuti. Tetapi kebanyakan wirausaha dijadikan usaha sampingan bagi kita. Misalnya kita sebagai supplier alat kesehatan secara kecil-kecilan ataupun memproduksi alat kesehatan dan penunjangnya bila ada order. Tetapi kekurangannya, kita tidak punya gaji tetap.


Jadi, kembali lagi pada planning kita dunk :
- Sekarang berapa usia kita ?
- Sudahkan Anda berkeluarga ?
- Berapa banyakkah tanggungan Anda ?
- Apakah cita-cita Anda ?
- Seberapa besar obsesi Anda ?
- Seberapa besar keberanian dan kemauan Anda ?
- Apa yang mau Anda lakukan sekarang ?

Saran dari saya :
Untuk itu menjadi PNS tidaklah mutlak setelah selesai kuliah Anda langsung bingung untuk menjadi PNS. Itu versi saya, versi Anda ......

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner