Home » , » Kalsel Perlu Penambahan Laboratoriumm Kalibrasi

Kalsel Perlu Penambahan Laboratoriumm Kalibrasi




BANJARBARU– Kalsel perlu penambahan laboratorium kalibrasi dan petugas elektromedik di rumah sakit.

Hal ini diungkapkan anggota Ombudsman RI, Dadan S Suharmawijaya, dalam pertemuannya dengan Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris, dan beberapa Direktur Rumah Sakit milik Provinsi Kalsel di Kantor Setdaprov, Jumat (18/5).

Ombudsman RI sedang melakukan investigasi mengenai kalibrasi alat-alat kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

Hasil temuannya, sarana prasarana untuk melakukankKalibrasi pada rumah sakit tidak memadai, begitu juga dengan ketersediaan tenaga atau PNS elektromediknya.

Kalibrasi sendiri suatu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan instrument/ alat ukur dan bahan ukur, dengan cara membandingkan terhadap standar ukurnya yang tertelusur ke standar nasional/ internasional.

“Sesuai dengan tugas dan wewenang yang terdapat dalam UU No 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI, maka kami memiliki inisiatif untuk melakukan investigasi tentang pelayanan kesehatan, utamanya mengenai kalibrasi alat kesehatan. Temuan kami menunjukkan hanya terdapat laboratorium kalibrasi di Kalsel dan itu pun melayani rumah sakit regional Kalimantan, ” jelas Dadan .
Saat ini hanya terdapat 2 laboratorium kalibrasi di Kalsel yang melayani rumah sakit semua regional Kalimantan. Selain itu tenaga elektromediknya pun sangat tidak memadai jumlahnya.

Sementara Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris, yang didampingi Direktur RS Ulin, RSJ Sambang Lihum, RS Gigi dan Mulut dan RS Ansari Saleh, akan segera berkoordinasi dengan rumah sakit yang ada di Kalsel untuk segera menindaklanjuti harapan ombudsman.

“Kami segera tindak lanjuti, apalagi terdapat beberapa rumah sakit yang berada di wilayah Pemprov Kalsel memberikan pelayanan kesehatan yang tidak hanya untuk masyarakat Kalsel namun juga diluar Kalsel,” ujar sekda. (dev/foto: hum)

Sumber :

http://humasprotokol.kalselprov.go.id/2018/05/18/kalsel-perlu-penambahan-laboratoriumm-kalibrasi/

http://suaraborneo.com/2018/05/18/rs-kalsel-perlu-tambahan-laboratorium-kalibrasi-dan-tenaga-elektromedik/
 

0 komentar :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner