Home » » Setelah Banjir Bandang, Alat Kesehatan untuk Bayi Belum Bisa Digunakan

Setelah Banjir Bandang, Alat Kesehatan untuk Bayi Belum Bisa Digunakan


Ruang Perinatologi RSUD dr. Slamet/RANI UMMI FADILA/PR
PERAWAT memantau kondisi bayi di ruang perinatologi RSUD dr. Slamet Garut,
GARUT, (PR).- Usai banjir bandang September 2016 lalu, sejumlah alat kesehatan untuk bayi di RSUD dr. Slamet Garut masih rusak sehingga belum bisa digunakan. Akibatnya, peralatan kesehatan untuk menunjang kesehatan bayi di RSUD tersebut sangat terbatas.
Kepala Ruangan Perinatologi RSUD dr. Slamet Garut, Rika menuturkan, beberapa peralatan masih tidak bisa dipakai karena rusak diterjang banjir bandang September 2016 lalu. Contohnya, satu buah ventilator atau alat bantu pernafasan untuk bayi. Satu ventilator lain yang tersedia di ruang perinatologi pun rusak karena sudah lama tidak dipergunakan.

Dengan demikian, tidak tersedia ventilator di ruangan perinatologi. "Sementara paling pakai bantuan nafas secara manual, pakai ambubag. Kami nunggu pengadaan ventilator baru," ucap ia di RSUD dr. Slamet Garut, Senin 23 Januari 2017.

Selain ventilator, infus pump juga masih rusak setelah diterjang banjir bandang. Satu alat lagi, kompresor yang juga untuk membantu pernafasan pun hingga kini masih rusak.
Di sisi lain, alat kesehatan untuk bayi yang tersedia saat ini masih kurang. Contohnya, inkubator yang hanya ada 11 buah. Idealnya, dibutuhkan 20 inkubator. Dengan kurangnya inkubator, bayi yang berat badannya kurang harus mengatre untuk bisa ditempatkan di inkubator.

"Sementara di boks, bayi yang tidak kebagian inkubator. Masukin (ke inkubator) bayi yang paling kecil ukurannya dulu," ujar Rika.

Bayi pun harus mengantre untuk bisa dipantau kondisinya dengan monitor. Bayi yang tak kebagian monitor, dipantau secara manual. "Cuma punya satu monitor, jadi prioritaskan untuk bayi yg ketat kondisinya," kata Rika.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/01/23/setelah-banjir-bandang-alat-kesehatan-untuk-bayi-belum-bisa-digunakan-391516

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner