Home » » Ahok Targetkan Jakarta Punya 44 Rumah Sakit Umum Kecamatan

Ahok Targetkan Jakarta Punya 44 Rumah Sakit Umum Kecamatan



JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan akan ada 44 rumah sakit umum kecamatan (RSUK) di seluruh Jakarta. Kepada warga yang punya lahan cukup luas, ia mengimbau agar mereka bersedia menjualnya ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
"Ada tanah saja syaratanya. Kalau ada tanah kami beli tanahnya," kata Basuki atau Ahok usai acara peresmian 4 RSUK di RSUK Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (4/6/2016).

Empat RSUK yang diremikan Ahok adalah RSUK Taman Sari, RSUK Tanah Abang, RSUK Matraman, dan RSUK Tanjung Priok.
DKI Jakarta punya 44 kecamatan. Namun Ahok menyebutkan tidak berarti RSUK dibangun di tiap kecamatan. Menurutnya, kecamatan yang sudah menjadi lokasi berdirinya rumah sakit umum daerah (RSUD) tidak akan lagi dibangun RSUK.

Pemprov DKI Jakarta tercatat memiliki lima RSUD, masing-masing RSUD Koja, Jakarta Utara; RSUD Duren Sawit, Jakarta Timur; RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur; RSUD Tarakan, Gambir, Jakarta Pusat; dan RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

RSU kecamatan yang sejauh ini terbangun adalah RSU Kecamatan Pasar Minggu dan empat RSU Kecamatan yang diresmikan Ahok pada hari ini. Ahok menilai banyak manfaat yang diperoleh dari keberadaan RSUK, di antaranya masyarakat yang ingin diopname tidak perlu menghabiskan ongkos yang besar karena lokasinya yang relatif mudah dijangkau dari permukiman.
"Jadi bisa dekat dari rumah, (keluarga pasien) bisa masak dari rumah. Kita bayangkan kalau keluarga diopname jauh dari rumah, uangnya habis di jalan, buat makan. Kalau ini (RSUK) kan dekat dari rumah sehingga bisa mengatasi kemacetan juga," ujar Ahok.

Ahok menyatakan, RSUK menerima pasien peserta BPJS. Namun seperti RSUD, ia mengatakan prosedur pengobatan di luar kondisi darurat tetap harus melalui rujukan Puskesmas.
"Kalau dia tak mampu bayar premi BPJS, kami akan bayarkan. Tapi Anda harus masuk lewat puskesmas. Itu prinsipnya," kata Ahok.

Sumber :
http://megapolitan.kompas.com/read/2016/06/04/18130961/ahok.targetkan.jakarta.punya.44.rumah.sakit.umum.kecamatan

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner