Home » » Autoclave

Autoclave

Autoclave adalah salah unit yang berada di CSSD guna menyeterilkan instrumen, linen maupun chemical untuk keperluan medis. Karena dengan instrumen dan perlengkapan yang steril maka pasien sebagai objek pemakai akan seminimal mungkin terhindar dari adanya infeksi.


Autoclave steam menggunakkan sistem tekanan dengan suhu tinggi, bisa dilihat di atas diagram bagan jalannya proses sterilisasi pada autoclave. Di gambar tersebut aliran tekanan panas masuk ke dalam chamber dengan tekanan tertentu diiringi dengan suhu panas yang dikontrol oleh beberapa parameter control seperti safety valve, exhaust valve, thermostat, pressure gauge, dll.



Dengan berkembangnya teknologi maka pengoperasian autoclave diatur secara digital ataupun komputer yang hasilnya bisa kita lihat pada grafik print saat proses cycle dijalankan.


Bowie Dick Test & Leak Test Graph

Sebelum autoclave dijalankan, biasanya ada beberapa test yang harus dijalankan pada autoclave tersebut. Misalnya Bowie dick test dan Leak test, fungsinya yaitu untuk mengetahui validitas alat ataupun ada tidaknya kebocoran pada chamber.



Nah setelah itu barulah boleh dilakukan tahap-tahapan proses sterilisasi, pemilihan proses tergantung pada instrumen yang akan disterilisasi.

Biasanya proses umum yang ada pada autoclave secara berurutan adalah :
- Start Procces
- Pre Treatment
- Sterilizing
- Post Treatment
- Drying Vacuum
- Pressure Equalization

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner