Home » » Reverse Osmosis (RO)

Reverse Osmosis (RO)


Reverse Osmosis adalah proses osmosis yang melibatkan perpindahan air secara selektif dari satu sisi ke sisi lain di membran. Tekanan diberikan untuk mendorong air melewati membran, sedangkan kontaminan tidak dapat melewati membran sehingga air yang lebih murni berkumpul pada satu sisi.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang istilah water treatment, water purified tetapi belum mendengar tentang istilah air RO (Reverse Osmosis). RO adalah suatu sistem yang direferensikan beberapa produsen alat laboratorium untuk produknya, agar produknya tetap awet dan merupakan prosedur dasar agar hasil dari alat laboratorium tersebut lebih akurat. Karena hasil dari air RO setara dengan aquades murni.
Sehingga air yang keluar dari sistem pemrosesan RO sudah tergolong sangat bagus, bisa langsung diminum.
Sebenarnya sudah lama sistem pemrosesan air dengan RO sudah digunakan selain di Rumah Sakit, ada yang di rumah tangga, hotel, restaurant, dll. Anda bisa membayangkan berapa investasi dan penghematan yang kita lakukan bila menggunakkan sistem RO ? Tahukah Anda berapa konsumsi air PDAM yang digunakan suatu Rumah Sakit dalam satu bulan ?

Reverse Osmosis menggunakkan prinsip dasar Osmosis dan beberapa filter membran dalam sistemnya. Karena kualitas air PDAM, saya tidak menjelek-jelekkan, tetapi contaminant dalam air tersebut melalui pipa distribusi yang kita tidak ketahui jelasnya. Sangat banyak faktor yang kurang baik terhadap alat kesehatan yang berhubungan dengan sirkulasi air.
Misal : Autoclave, Hemodialysis Unit, Alat-alat Laboratorium, Dental Unit, dll.



RO Spectrum

Anda bisa lihat di atas, sampai berapa ukuran untuk membran filter untuk mematikan bakteri dan virus.

NB: Pengujian air secara berkala terhadap suatu bakteri atau kontaminant yang lain sangat penting dilakukan

0 komentar :

Masukkan kata kunci pencarian Anda :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner