Home » » CT Scan Part One

CT Scan Part One

CT-Scan adalah Scanning tomography terkomputerisasi, karena CT-Scan singkatan dari Computer Tomography Scan. Tomography adalah teknik radiologi dengan cara sinar x menembus tubuh manusia dibuat sedemikian rupa, sehingga dalam bentuk potongan penampang tipis, seakan-akan tubuh kita dipotong-potong dalam bentuk potongan-potongan penampang tipis horizontal/axial, sinar-sinar tersebut setelah menembus tubuh akan direkam oleh detektor-detektor dalam bentuk data-data digital. oleh perangkat komputer data digital yang diperoleh, dikonversikan ke dalam bentuk bayangan organ hitam putih dan kemudian dapat dicetak pada kertas film.


Teori Dasar

1. Superimposition (Pemaksaan)


Obyek dengan kedalaman yang berbeda

2. Same blackening


Obyek dengan densitas dan bentuk yang berbeda

3. Central Projection

Obyek dengan densitas dan bentuk yang sama dengan kedalaman yang berbeda

4. Embedded matter

  • Pada object dengan kepadatan yang rendah, maka digunakan tegangan yang lebih rendah (soft radiation).
  • Pada object dengan kepadatan tinggi (contoh : tulang) diperlukan tegangan yang lebih tinggi, sedemikian sehingga Sinar-X dapat menembus (hard radiation).
  • Bagaimana jika :
  • “jaringan/tisu lembut yang menempel pada tulang ( otak)”

TOMOGRAPHY

* Film dan tabung berpindah secara kebalikan di atas obyek. Detil pada wahana yang memotong digambar kan secara tajam/jelas (P), detil di luar wahana yang memotong adalah buram ( X).


0 komentar :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner