Home » , , » Indikator Mutu Kinerja Elektromedis Pada Pemeliharaan Sarana Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit

Indikator Mutu Kinerja Elektromedis Pada Pemeliharaan Sarana Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit

 

 
Pernah ada suatu pertanyaan dari user klinisi ruangan lain, Itu ada alat rusak kemarin dicek koq belum bener, bisa benerin alat ngga sih? 
Elektromedis kerjaannya apa, koq santai duduk duduk daripada perbaikan? 

Saya bantuin jawab kalau Anda Elektromedis dapat pertanyaan seperti di atas.

Pertama yang dilihat dan dinilai orang lain dari luar belum tentu mereka mengerti proses dan kegiatan yang harus kita lakukan dari sudut profesi Elektromedis. 




Mengacu Permenkes No. 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, dimana menjadi acuan masing-masing daerah sebagai indikator mutu kinerja respon waktu perbaikan dan ketepatan pemeliharaan, menjadi bagian dari pelaksanaan dan pertanggungjawaban penyelenggaraan standar pelayanan minimal rumah sakit. Antara lain :
1. Kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat. Kecepatan waktu menanggapi alat yang rusak adalah waktu yang dibutuhkan mulai laporan alat rusak diterima sampai dengan petugas melakukan pemeriksaan terhadap alat yang rusak untuk tindak lanjut perbaikan, maksimal dalam waktu 15 menit harus sudah ditanggapi. Dengan Frekuensi pengumpulan data 1 bulan dan Periode analisis 3 bulan. 
2. Ketepatan waktu pemeliharaan alat. 
Waktu pemeliharaan alat adalah waktu yang menunjukkan periode pemeliharaan/service untuk tiap-tiap alat sesuai ketentuan yang berlaku.
Frekuensi pengumpulan data 1 bulan dan Periode analisis 3 bulan. 
3. Peralatan Laboratorium (dan alat ukur yang lain) yang terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi. Kalibrasi adalah pengujian kembali terhadap kelayakan peralatan laboratorium oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK). Frekuensi pengumpulan data 1 tahun dan Periode analisis 3 tahun.

Jika pada kerusakan sudah direspon minimal 15 menit untuk tindak lanjut perbaikan dan terkendala ketersediaan sparepart atau keterbatasan troubleshooting teknologi tinggi. Maka masuk perbaikan tertunda. Proses usulan.

Bisa dilihat di atas kerjaan Elektromedis tidak melulu hanya perbaikan, ada pemeliharaan dan kalibrasi. Kalau duduk duduk berarti sedang istirahat karena capek atau pekerjaannya sudah selesai 
 
 
 
#elektromedik
#elektromedik_engineering 
#manajemenrumahsakit
#alkes

0 komentar :

Artikel Rekomendasi

Bagaimana untuk Mengelola "How To Manage" Series untuk Teknologi Kesehatan

WHO Teknologi kesehatan dan manajemen teknologi kesehatan telah menjadi isu kebijakan yang semakin terlihat. Sementara kebutuh...

Popular Post

Recomended

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner